• Sabtu, 22 Januari 2022

Jangan Sembarangan Beri Uang ke Pengemis di DIY, Kalau Tak Ingin Dipidana Seperti 3 Orang Ini

- Sabtu, 27 November 2021 | 17:58 WIB
Jangan Sembarangan Beri Uang ke Pengemis di DIY, Kalau Tak Ingin Dipidana Seperti 3 Orang Ini (Ilustrasi Antara)
Jangan Sembarangan Beri Uang ke Pengemis di DIY, Kalau Tak Ingin Dipidana Seperti 3 Orang Ini (Ilustrasi Antara)


SMOL.ID – Jika Anda berada di DIY, jangan sembarangan memberikan uang ke pengemis. Niat baik Anda bisa berbuntut persidangan di pengadilan.

Pasalnya Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melarang siapapun warga memberikan uang ke pengemis, gelandangan atau manusia silver dan telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No 1/2014 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis.

Baru-baru ini Satpol PP menangkap tiga orang warga yang kedapatan memberikan uang kepada manusia silver di wilayah Sleman. Warga itu hanya memberikan uang per orang Rp1.000.

Ketiga orang itu berinisial W dan M warga Kalasan, Sleman, sementara satu lagi yakni S warga Prambanan, Sleman.

Baca Juga: Woro-Woro! Sedekahi Pengemis di Tempat Umum di Kudus Bakal Didenda Rp 1 Juta Kurungan 10 Hari

Karena telah diatur dalam Perda, maka tiga orang itupun diseret ke Pengadilan Negeri Sleman untuk disidangkan tindak pidana ringan (tipiring).

Ketiganya didenda masing-masing Rp 50 ribu oleh majelis hakim yang menyidangkan.

Kabid Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta Nur Hidayat ketika dikonfirmsai wartawan mengatakan, ketiga warga itu ditangkap di simpang tiga Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman, Rabu 24 November 2021 pukul 12.00 WIB.

“Diamankan Rabu 24 November 2021 sekitar jam 12 siang saat mereka sedang memberikan uang ke manusia silver,” kata Nur Hidayat, Jumat, 26 November 2021.

“Mereka itu masing-masing ngasih ke manusia silver satu orang seribu. Putusan hakim setiap orang didenda Rp 50 ribu,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X