• Kamis, 27 Januari 2022

Tradisi Luwur Karya Siswi SMK NU Kudus Sita Perhatian Penonton JFW 2021

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:23 WIB

SMOL.ID - Para desainer dan perancang mode tanah air, kagum setelah melihat dari dekat karya para siswi Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMK NU) Kudus, yang berhasil menyuguhkan karya terbarunya dalam ajang Jogja Fashion Week (JFW) 2021 di Jogja Nasional Museum (JNM) di Gamping, Yogyakarta, Jumat (26/11) malam.

Dengan mengusung tradisi Luwur, karya para siswi SMK NU Kudus ini mampu menyedot perhatian para desainer, perancang mode maupun penonton yang memadati ruangan fashionshow.

Runway Jogja Fashion Week 2021 menjadi saksi lahirnya koleksi terbaru Zelmira, brand fashion dari SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah. Meski karya mereka sederhana, namun tampak indah, menawan dan terkesan rancangan mahal serta berkelas.

Baca Juga: ISI Yogyakarta Gelar Jogja International Jazz Camp 2021

Mengusung tradisi ‘Luwur’ sebagai tema dalam eksibisi kali ini, kreasi para siswi SMK NU salah satu sekolah binaan Djarum Foundation itu sukses mencuri perhatian para fashionista yang hadir dalam acara pergelaran fashion show bergengsi tersebut.

Menurut Najla Mufida Azmi, siswi SMK NU Banat, sejatinya Luwur merupakan tradisi turun-temurun di Kudus yang merujuk pada sebuah kegiatan tahunan membuka dan mengganti kain kelambu pembungkus nisan dan cungkup makam Sunan Kudus.

Biasanya, prosesi tersebut dilakukan setiap tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa yang telah dilakukan Sunan Kudus bagi penduduk sekitar.

Kearifan tersebut diterjemahkan oleh para siswi SMK NU Banat Kudus menjadi delapan looks formal dan kasual yang dipamerkan dalam Jogja Fashion Week 2021.

Menariknya, mereka hanya memiliki waktu 14 hari dalam meracik ide, menciptakan sketsa desain serta membuat motif sendiri pada kain yang akan dipakai hingga pakaian tersebut siap di pamerkan di Jogja Fashion Week 2021 ini.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Haryanto: PTM Seharusnya Dua Shift

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:14 WIB

Pemprov Jateng Targetkan 3 Besar MTQ ke-29 Kalsel

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:01 WIB
X