• Sabtu, 22 Januari 2022

Tantangan MUI Bersikap Proporsional

- Minggu, 28 November 2021 | 21:58 WIB
Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi dan Kepala Badan Kesbangpol Jateng Haerudin SH MH foto bersama dengan peserta Halaqah ‘’Tantangan MUI dalam Menghadapi Persoalan Bangsa’’ di Hotel Laras Asri Resort Salatiga, Minggu (28/11).
Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi dan Kepala Badan Kesbangpol Jateng Haerudin SH MH foto bersama dengan peserta Halaqah ‘’Tantangan MUI dalam Menghadapi Persoalan Bangsa’’ di Hotel Laras Asri Resort Salatiga, Minggu (28/11).

 

SMOL.ID - Staf Ahli Menteri Agama RI Prof Dr Abu Rokhmad MAg mengatakan, tantangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke depan adalah mengedepankan sikap proporsional dalam banyak bidang. MUI tidak sepatutnya bermain di wilayah praktis.

“Tantangan MUI adalah bersikap proporsional, tidak masuk di politik secara berlebihan. Arah sekarang itu, menurut saya, mengkhawatirkan. MUI seyogyanya dapat menangkap persoalan-persoalan politik dan sosial agar dapat berkontribusi besar dalam menjaga keislaman dan keindonesiaan,”  tegas Abu yang juga Guru Besar FISIP Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Sabtu (27/11).

Dia mengatakan hal itu dalam silaturrahmi dan halaqah ulama Tantangan MUI dalam Menghadapi Persoalan Bangsa di Hotel Laras Asri Resort, Salatiga. Dalam halaqah yang dimoderatori Guru Besar Antropologi Undip Prof Dr H Mudjahirin Tohir tampil sebagai pembicara Rais Syuriyah PWNU Jateng KH Ubedulloh Shodaqoh SH.

Baca Juga: Dapat Kucuran Dana Rp10,6 Miliar, MUI DKI Pastikan Bukan untuk Dukung Anies di Pemilu 2024

Kepala Badan Kesbangpol Jateng Haerudin SH MH menjelaskan, halaqah yang dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara virtual tersebut diikuti pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Jateng.

Menghadirkan pembicara Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi, Staf Ahli Menteri Agama RI Prof Dr Abu Rokhmad MAg, Rais Syuriyah PWNU Jateng KH Ubedulloh Shodaqoh SH, Wakil Ketua Umum MUI Prof Dr H Ahmad Rofiq MA dan Ketua PP RMI Dr KH Abdul Ghofar Rozin yang juga pengasuh PP Masalakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati.

Prof Abu Rokhmad mengatakan, sejak media sosial menjadi gaya hidup masyarakat, maka persoalan-persoalan seputar di bidang digital membutuhkan kedewasaan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tak sedikit pihak menyerang MUI di jagad sosial. Menurut Prof Abu, hal itu bisa terjadi salah satunya karena kiprah MUI tidak proporsional dalam bermain dalam isu-isu politik.

Baca Juga: 'Cyber Army' Dituding untuk Politik, MUI Jakarta: Baru Rencana Sudah Ketakutan Kayak Cacing Kepanasan

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut 184 Pemenang Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:02 WIB

Jateng Borong Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:21 WIB
X