• Sabtu, 22 Januari 2022

Dua Penulis Seni Raih Anugerah Prasetya Adikarya Budaya 3 Tahun 2021

- Senin, 29 November 2021 | 11:34 WIB
Dr Mikke Susanto MA menerima penghargaan Anugerah Prasetya Adikarya Budaya #3 Tahun 2021. (Foto : Smol.id/dok).
Dr Mikke Susanto MA menerima penghargaan Anugerah Prasetya Adikarya Budaya #3 Tahun 2021. (Foto : Smol.id/dok).


SMOL.ID - Dua penulis seni rupa masing-masing Dr. Djuli Djatprambudi (UNESA) dan Dr. Mikke Susanto, MA. (ISI Yogyakarta) meraih Anugerah Prasetya Adikarya Budaya #3 tahun 2921.

Anugerah diberikan oleh Komunitas Budaya Padhang Njingglang Tulungagung, Jawa Timur, kemarin (27/11) malam. Pemberian penghargaan disaksikan seniman, budayawan dan pecinta seni yang datang dari berbagai daerah.

Mereka berdua selain sebagai dosen juga merupakan pengkhidmah setia, peneliti, pejuang dan pemikir dalam bidang penulisan seni rupa di Tanah Air. Prestasi keduanya sangat berarti dalam perkembangan budaya selama 1 dekade terakhir ini.

Baca Juga: Tiga Puluhan Karya Seni Terpilih Dalam Pameran Seni Rupa Representasi 4: Pahlawan Nasional

Penganugerahan berjalan lancar diawali dengan iringan musik tradisional oleh Grub Karawitan "Ngesti Laras" pimpinan Ki Handoko dan promotor pak Waris. Iringan ini semakin membawa keagungan nilai-nilai budaya Jawa sebagai adikarya budaya.

Bertempat di Joglo Sendang Kamulyan Art Space Tulungagung, kedua penerima penghargaan, Djuli Djatiprambudi dan Mikke Susanto memberikan paparan dalam diakusi.

Diantaranya perihal penulisan kesenirupaan sebagai pencatat peristiwa kebudayaan. Masing-masing memberi perspektif bandingan tentang arti seni di masyarakat. Selain itu, juga dibahas akan pentingnya seni tradisi ditengah gemuruhnya seni modern.

Anang Prasetyo selaku panitia dan moderator menyampaikan, bahwa tahun 1994-an Djuli Djatiprambudi sudah menyampaikan sinyalemen, dan masih relevan 25 tahun berikutnya.

Banyaknya karya dan peristiwa seni rupa, namun yang mengamati, menulis apalagi membuat kritik seni, dan membincangkannya secara paradigmatik amat sangat kurang.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut 184 Pemenang Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:02 WIB

Jateng Borong Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:21 WIB
X