• Sabtu, 22 Januari 2022

JCW Sayangkan Majelis Bebaskan R Sebagai Tersangka Korupsi

- Selasa, 30 November 2021 | 13:04 WIB
Keterangan foto : Baharuddin Kamba, Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) (Smol.id/dok)
Keterangan foto : Baharuddin Kamba, Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) (Smol.id/dok)

SMOL.ID - Jogja Corruption Watch (JCW) menyayangkan, atas dikabulkannya gugatan praperadilan terhadap penetapan tersangka R dalam kasus dugaan korupsi perencanaan dan pembangunan GOR Cangkring di Kulonprogo oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Wates.

Meski demikian, JCW dalam rilisnya yang diterima SMOL.ID, Selasa, 30 November 2021, tetap menghormati putusan hakim yang memeriksa dan mengadili gugatan praperadilan ini.

Seperti diketahui R merupakan pejabat aktif di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kabupaten Kulonprogo, yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo.

Baca Juga: BKD Undi Gebyar Hadiah PBB P2 Kabupaten Sukoharjo 2021

Tentunya JCW kecewa atas dianulirnya status tersangka R oleh hakim Pengadilan Negeri Wates. Dengan dianulirnya status tersangka R ini oleh PN Wates, menurut catatan JCW ini bisa jadi yang pertama kali dalam sejarah penetapan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dianulir oleh hakim lewat gugatan praperadilan.

Sepanjang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Yogyakarta berdiri saja (sepanjang catatan JCW 5 tahun terakhir), majelis hakim Pengadilan Tipikor Yogyakarta belum pernah menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa kasus dugaan korupsi.

Kalau vonis ringan masih sering terjadi, tapi kali ini hakim PN Wates justru membatalkan status tersangka R melalui gugatan praperadilan. ''Ini sungguh hebat,'' katanya.

Menurut JCW Ini sebuah kemunduran dalam upaya pemberantasan korupsi di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Kulonprogo serta kado pahit jelang peringatan hari antikorupsi yang jatuh pada 9 Desember 2021 nanti.

''Kami minta Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA) dan Komisi Yudisial (KY), untuk dapat memeriksa hakim PN Wates yang membatalkan status tersangka R,'' ujar Baharuddin Kamba, aktivis JCW.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut 184 Pemenang Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:02 WIB

Jateng Borong Baznas Award 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:21 WIB
X