• Sabtu, 22 Januari 2022

Varian Covid-19 Omicron Mulai Merebak, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional

- Selasa, 30 November 2021 | 14:29 WIB
Varian Covid-19 Omicron Mulai Merebak, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional
Varian Covid-19 Omicron Mulai Merebak, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional

SMOL.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan langkah pencegahan terkait varian Covid-19 Omicron.

Pasalnya varian Covid-19 Omicron mulai merebak di beberapa negara seperti Afrika Selatan, Hongkong, dan 9 negara lainnya.

Hal tersebut mendorong Kemenhub untuk memperketat pintu masuk internasional ke Indonesia. Kemenhub memperketat pintu internasional mulai dari transportasi udara, laut, dan darat.

Baca Juga: Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, Azis Syamsuddin Segera Disidang

Dikutip dari Instagram @kemenhub151 pada 30 November 2021, Kemenhub melakukan perketatan perjalanan internasional merujuk pada Revisi SE Satgas Penanganan Covid-19 No. 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional.

Tak hanya itu, Kemenhub juga merujuk pada SE Kemenkumham Nomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 tentang Pembatasan Sementara Orang Asing yang Pernah Tinggal Mengunjungi Wilayah Beberapa Negara Tertentu untuk Masuk Wilayah Indonesia dalam Rangka Pencegahan Varian Baru Covid-19.

Berikut kebijakan yang diterapkan oleh Kemenhub pada pintu kedatangan Internasional:

1. Menutup/melarang sementara masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia, dengan riwayat perjalanan terakhir dari negara Afrika Selatan, Hongkong, Botswana, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, dan Zambia.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari 11 negara tersebut, wajib melakukan karantina selama 14x24 jam.

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Soroti Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:50 WIB
X