• Sabtu, 22 Januari 2022

Cegah Covid-19 Varian Omicron Warga Bakal Divaksin Dosis Ketiga?  

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:38 WIB
Cegah Covid-19 Varian Omicron Warga Bakal Divaksin Ketiga?    (Ilustrasi Antara)
Cegah Covid-19 Varian Omicron Warga Bakal Divaksin Ketiga?   (Ilustrasi Antara)

 

SMOL.ID - Untuk mencegah serangan varian baru Covid-19, yakni B.1.1.1.529 atua Omicron, warga bakal divaksin ketiga. Namun, kabar akan ada vaksin ketiga bagi warga untuk mencegah Omicron masih dipertimbangkan.

Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksinasi dosis ketiga untuk menangkal varian Omicron masih dipertimbangkan.

Yang utama saat ini, masyarakat harus vaksin dosin pertama dan kedua dulu.

"Dosis satu dan dua, (vaksinasi) lengkap harus dilakukan. Setelah itu diukur, jika tingkat imunitasnya masih ada, maka tidak perlu dosis ketiga. Tapi kalau imunitasnya sudah menurun, baru kita ke dosis tiga. Pastikan dulu dosis satu dan dua sudah terpenuhi," kata Wiku saat ditemui di Jakarta pada Selasa 30 November 2021 malam.

Baca Juga: WHO Umumkan Vaksin Masih Efektif Lawan Omicron

Menurut Wiku, vaksinasi bukan satu-satunya solusi pencegahan penularan virus corona baru di Indonesia.

"Saya ingin mengingatkan masyarakat bahwa cara mencegah (penularan) secara kolektif supaya tidak tertular oleh Covid-19 itu ada tiga; yaitu protokol kesehatan yang ketat dan dispilin; 3T yang meliputi testing, tracing, dan treatment; dan juga vaksinasi," ujarnya.

"Vaksinasi bukan satu-satunya (upaya), dan kita harus pastikan vaksinasi dilakukan dengan baik dan benar," tambahnya lagi.

Wiku mengatakan pemerintah pusat selalu memantau seberapa capaian vaksinasi tiap daerah. Karena pemerintah ingin melihat kemampuan tiap daerah menyelesaikan target vaksinasi.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Soroti Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:50 WIB
X