• Rabu, 26 Januari 2022

Pemkab Ngawi Ingin Kerjasama dengan Pemda DIY Kelola Situs Bersejarah

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:45 WIB
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto saat menyerahkan wayang kulit Werkudoro kepada Bupati Ngawi, Jawa Timur, Ony Anwar Harsono di Pemkab Ngawi, Jawa Timur. (Foto : Smol.id/Rangga Permana).
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto saat menyerahkan wayang kulit Werkudoro kepada Bupati Ngawi, Jawa Timur, Ony Anwar Harsono di Pemkab Ngawi, Jawa Timur. (Foto : Smol.id/Rangga Permana).

SMOL.ID - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan, Kabupaten Ngawi memiliki banyak situs bersejarah yang mempunyai nilai tinggi dan memiliki obyek wisata yang lumayan indah dan menarik hanya belum dikelola secara maksimal.

Oleh karena itu, Pemkab Ngawi, Jawa Timur, pingin kerjasama denga Pemda DIY khususnya dalam mengelola situs-situs peninggalan sejarah dan pengelolaan wisata agar bisa menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke Ngawi.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono mengatakan itu saat menerima kunjungan Komisi A DPRD DIY bersama wartawan yang biasa nongkrong di gedung wakil rakyat, Jalan Malioboro, Yogyakarta, di Pemkab Ngawi, Jawa Timur, Jumat (14/1).

Baca Juga: Tanpa Perlawanan, Penendang Sesajen Gunung Semeru Berhasil Diringkus TIm Gabungan Polda Jatim dan DIY

Dalam kunjungan itu, Komisi A DPRD DIY melakukan dialog dengan pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sekaligus melakukan kunjungan ke situs bersejarah dan rumah kediaman salah satu pahlawan nasional, Dr KRT Radjiman Wediodiningrat.

Kunjungan ke rumah kediaman Ketua BPUPKI ini, menurut Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, bagian dari melengkapi pembatinan tentang sejarah, khususnya berkait tentang lahirnya Pancasila.

Seperti diketahui Dr KRT Radjiman Wediodiningrat, merupakan Ketua BPUPKI (Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk pada 29 April 1945 dan dibubarkan tanggal 7 Agustus 1945.

Sebelum berkunjung ke rumah kediaman pahlawan nasional Dr KRT Radjiman Wediodiningrat, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menyerahkan cenderamata wayang Werkudoro kepada Bupati Ngawi usai berdialog di pendopo kabupaten.

"Kita semua paham, sosok tokoh Werkudoro. Sebagai pemimpin ada pesan harapan bahwa ini bisa mewujud dalam kerja kelola negara di era kini, bagaimana jadi pemimpin yang punya tanggung jawab jujur dan berani, bela kebenaran, jaga Pancasila dan NKRI," ujar Eko Suwanto.

Di dalam dialog bersama Bupati Ngawi tersebut, mengemuka soal peran pemerintah daerah dalam rangkaian pembangunan situs-situs bersejarah di kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sultan Tidak Akan Menunda Relokasi PKL Malioboro

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:15 WIB

Kamis, Ganti Untung Tanah Waduk Jlantah Warga Tlobo

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:24 WIB
X