• Minggu, 22 Mei 2022

Kebijakan Satu Pintu Dievaluasi, Pemberangkatan Jemaah Umrah Disetop Sementara

- Senin, 17 Januari 2022 | 11:14 WIB
Kebijakan Satu Pintu Dievaluasi, Pemberangkatan Umrah Disetop Sementara (IST)
Kebijakan Satu Pintu Dievaluasi, Pemberangkatan Umrah Disetop Sementara (IST)


SMOL.ID - Pemerintah kembali menyetop sementara pemberangkatan jemaah umrah ke tanah suci untuk mengevaluasi kebijakan satu pintu (One Gate Policy) yang diberlakukan selama ini.

Penyetopan atau penghentian sementara pemberangkatan jemaah umrah ke tanah suci diberlakukan sejak 15 Januari hingga menungnggu hasil evaluasi kebijakan satu pintu.

Apabila, jemaah umrah yang berangkat tanggal 8 Januari dan kembali ke Indonesiia 17 Januri tidak terdeteksi Omicron maka penyetopan dan penghentian sementara segera dicabut.

Baca Juga: Siap-siap, Pemberangkatan Umrah Mulai dibuka 8 Januari 2022

"Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan sementara pemberangkatan jemaan umrah dalam rangka evaluasi kebijakan yang diambil one gate policy apakah efektif mengantipasi Omicron atau tidak," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, dalam keterangan Hilman, Senin 17 Januari 2022.

Setelah evaluasi dilakukan maka Kemenag akan mengambil keputusan apakah akan kembali memberangkatkan atau menghentikan perjalanan umrah.

Mekanisme yang dijalankan saat ini sebagai langkah mengantisipasi varian Omicron yang saat ini telah merebak ke sejumlah negara termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Baca Juga: Pertama Kalinya Sejak Pandemi, 419 Jemaah Umrah Diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah Hari Ini

Menurut Hilman, pemberangkatan jemaah umrah telah dilaksanakan sejak 8 Januari dan akan kembali ke Indonesia 17 Januari hari ini.

Jumlah jemaah umrah yang berangkat sebanyak 1.731 jemaah melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta. Diberangkatkan menggunakan skema one gate policy dengan syarat melakukan screening kesehatan ketat.***

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X