• Minggu, 22 Mei 2022

Sultan Dukung Pengembangan Pariwisata Kesehatan Berbasis Budaya

- Senin, 17 Januari 2022 | 18:17 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan HB X  (Foto: Wulan Yanuarwati)
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Foto: Wulan Yanuarwati)

SMOL.ID - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung program pariwisata kesehatan di DIY yang mengedepankan budaya dan kearifan lokal.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY dr. Joko Murdiyanto, Sp.An.MPH., mengatakan itu usai audiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Menurut Joko Murdiyanto, capaian vaksinasi cukup bagus, itu yang membuat kemudian herd immunity di Yogyakarta yang notabone sebagai daerah kunjungan wisata setelah pulau Dewata terbentuk dengan baik.

Baca Juga: Pemda DIY dan Ngawi Bisa Kembangkan Kerjasama Riset Destinasi Wisata Sejarah

Namun demikian, lanjut dia, masyarakat tetap harus waspada, jangan stress, biar bagaimanapun bila melihat pergerakan Omicron di Amerika, Australia, itu luar biasa. ''Jadi vaksinasi harus terus digencarkan,” ujarnya.

Selain vaksinasi, masyarakat juga diharapkan tetap memperkuat prokes. Yang kedua, prokes harus terus digencarkan. Kerjasama pentahelix juga harus dikuatkan.

''Vaksinasi saja ada yang konsepnya jimpitan, ada yang jimpitan anak, komorbid, lansia, itu khas. Itu mempercepat capaian vaksinasi dan itu dari masyarakat,” imbuh dokter alumnus UGM ini.

Joko lantas menjelaskan, vaksinasi jimpitan membuktikan kuatnya semangat gotong-royong di Yogyakarta yang turut andil dalam upaya percepatan vaksinasi.

Menurut dia, vaksinasi jimpitan membangun gotong royong bersama, jadi mendata siapa saja yang butuh divaksin. Itu swadaya ada yang perorangan, PT, dan perguruan tinggi, teman-teman Sonjo salah satu yang terlibat.

''Kalau jimpitan ini terjadi di banyak tempat, itu capaian vaksinasi juga akan cepat. Partisipasi masyarakat juga luar biasa bagus, ''Jogja memang istimewa,” katanya.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Endang Muryani Gelar Senam Sicita di Jumapolo

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:45 WIB
X