• Senin, 23 Mei 2022

Menag Ralat Kabar Penghentian Umrah, Begini Penjelasannya  

- Senin, 17 Januari 2022 | 21:03 WIB
Menag Ralat Kabar Penghentian Umrah, Begini Penjelasannya    (@yaqutcholil)
Menag Ralat Kabar Penghentian Umrah, Begini Penjelasannya   (@yaqutcholil)

 

SMOL.ID - Menteri Agama (Menag) Yaqut Qoumas Cholil meralat kabar penghentian pemberangkatan jemaah umrah ke tanah suci sementara waktu. Menurutnya ada kesalahan persepsi Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah terkait keputusan tersebut.

Menag memastikan, tdiak ada penghentian sementara pemberangkatan jemaah umrah ke tanah suci. Pemberangkatan jemaah umrah ke tanah suci tetap dilanjutkan.

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah sebelumnya menyatakan telah menghentikan pemberangkatan umrah, karena sedang mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) sejak 15 Januari lalu.

Baca Juga: Pemberangkatan Umrah Ditunda Sementara, Taj Yasin Minta Masyarakat Sabar untuk Kebaikan

Namun, menurut Menag terjadi kesalahan persepsi atas kebijakan yang diambilnya itu, bukan pemberangkatan jemaah umrah yang dicabut melainkan kebijakan One Gate Policy (OGP).

Ppencabutan One Gate Policy atau kebijakan satu pintu itupun juga urung dilakukan.

Yaqut Cholil Qoumas menyatakan dirinya penting untuk meluruskan kabar penghentian sementara pemberangkatan jemaah umrah agar tidak menimbulkan kegaduhan mengingat umrah baru saja dibuka 8 Januari 2022.

"Kabarnya diberhentikan, sebenarnya begini, tidak ada pemberhentian, tapi ada komunikasi publik yang agak salah tangkap. Bukan umrah yang diberhentikan tapi One Gate Policy yang diberhentikan per tanggal 15 Januari," ujar Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI Senin 17 Januari 2022.

Dijelaskan, One Gate Policy (OGP) atau kebijakan satu pintu merupakan aturan sistem pemberangkatan jamaah secara terpusat yang telah ditetapkan Kemenag.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024?

Minggu, 22 Mei 2022 | 16:52 WIB
X