• Minggu, 22 Mei 2022

Satlantas Polres Karanganyar Telah Menindak 262 Pelanggaran Knalpot Brong

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:50 WIB
Operasi knalpot brong
Operasi knalpot brong

SMOL.ID - Tingkat pelanggaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Karanganyar diklaim menurun oleh Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar.

Hal tersebut dikarenakan beberapa saat yang lalu telah diberlakukannya Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa ruas jalan raya di Kawasan perkotaan Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, Satlantas juga tidak segan melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang kasat mata dan berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Tingkat kepatuhan masyarakat pengguna jalan di Kabupaten Karanganyar juga mengalami peningkatan.

Baca Juga: Ijin Masih 'Ngendon' di Dinas PUPR, Ruko Jaten Diminta Tidak Buka Dulu

Selama bulan Januari 2021, terhitung mulai tanggal 6 Januari 2022 hingga tanggal 17 Januari 2022, Satlantas Polres Karanganyar telah menindak pelanggaran penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan standar (knalpot brong) sejumlah 262 unit.

Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko mewakili Kapolres AKBP Muchammad Syafi` Maulla, mengatakan, dengan berbagai indikator tersebut, salah satu capaian Sat Lantas Polres Karanganyar selama tahun 2021 adalah menurunnya angka kecelakaan dibandingkan tahun 2020.

Sebagaimana disampaikan pada rilis akhir tahun, jumlah angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2020 tercatat sejumlah 1.466 kasus, sedangkan pada tahun 2021 tercatat 1.142 kasus. Dari data tersebut jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Karanganyar menunjukkan trend menurun sejumlah 22,10 persen.

Meskipun mengalami penurunan, jajaran Satuan Lalulintas Polres Karanganyar tidak mengendorkan semangatnya untuk melakukan pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayahnya. Upaya edukasi dengan memberikan penyuluhan, memasang baliho dan menyebar leaflet terus dilakukan.

Baca Juga: Puluhan Motor Terjaring Razia Knalpot Brong di Semarang

Selain itu, Satuan Lalulintas Polres Karanganyar juga tetap melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang kasat mata dan berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan. Salah satunya penindakan terhadap penggunaan part (bagian) kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan standar.

Satlantas Polres Karanganyar hampir setiap hari melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas yang kasat mata dengan hasil sekitar 60 – 70 penindakan setiap harinya, 80 persen didominasi penindakan terhadap penggunaan knalpot yang tidak sesuai standar (knalpot brong).” Ujarnya. (Joko dh)***

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Endang Muryani Gelar Senam Sicita di Jumapolo

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:45 WIB
X