• Senin, 23 Mei 2022

Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat Pahlawan yang Nyaris Terlupakan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 19:54 WIB
Rumah Pahlawan Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat di Dusun Dirgo, Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)
Rumah Pahlawan Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat di Dusun Dirgo, Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)


SMOL.ID - Rumah tua yang terletak di pelosok pedesaan sepi ini, mempunyai nilai sejarah tinggi. Sayangnya rumah tersebut kurang terawat dan nyaris terabaikan, sehingga rumah tersebut terkesan angker. Karena kurang mendapat perhatian untuk sekelas orang yang berjasa bagi bangsa dan negara.

Rumah yang berada di Dusun Dirgo, Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tersebut milik tokoh bangsa yang belakangan diketahui bernama Dr Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Widjodiningrat, Ketua BPUPKl (Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Meski usianya lebih dari 134 tahun, namun rumah itu masih berdiri kokoh dan tampak anggun. Beberapa sudut bangunan terlihat baru saja direnovasi, namun tidak meninggalkan bentuk aslinya.

''Rumah bersejarah ini baru saja direnovasi,'' ujar Sudarmanto, Kepala Desa Kauman, Kabupaten Ngawi ketika menerima rombongan Komisi A DPRD DIY dan wartawan yang biasa nongkrong di DPRD DIY akhir pekan kemarin (14/1).

Menurut Sudarmanto, warga desa setempat menyebut rumah tua itu dengan “Kanjengan”, yakni rumah kediaman Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat, sang pahlawan bangsa yang nyaris terlupakan.

Untuk memasuki kawasan bangunan Kanjengan, para pengunjung akan melewati sebuah gerbang yang cukup besar. Pada gerbang itu terdapat tulisan “Situs Radjiman Wedyodiningrat”. Setelah itu, pengunjung akan melewati jalan sepanjang 500 meter untuk menuju bangunan utama Kanjengan.

Bangunan utama Kanjengan bentuknya sangat sederhana. Bangunannya perpaduan arisitektur Jawa dan Belanda sangat terasa pada bangunan tersebut. Langit-langit ruangannya yang tinggi, demikian juga model pada daun pintu dan jendelanya.

Hawa dingin langsung terasa saat memasuki ruangan demi ruangan yang ada dalam rumah tersebut. Meski demikian, suasananya terasa sepi dan nyaman karena jauh dari hiruk-pikuk suasana kota.

Sama sekali tak menduga bila puluhan tahun lalu, di rumah atau dibangunan ini hidup seorang tokoh yang mempunyai andil besar dalam sejarah perkembangan Bangsa Indonesia.

Keberadaannya yang tak banyak dikenal, seakan ikut sirna bersama waktu yang terus merayap jauh ke depan. Hanya foto-foto yang terpajang di dinding rumah itulah, yang menjadi saksi bisu bahwa Radjiman memiliki peran penting bagi Bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024?

Minggu, 22 Mei 2022 | 16:52 WIB
X