• Minggu, 22 Mei 2022

Realisasi Fisik Program Tahun 2021 Pemda DIY Capai 99,68 Persen

- Selasa, 25 Januari 2022 | 21:47 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ( Foto: Wulan Yanuarwati)
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ( Foto: Wulan Yanuarwati)

SMOL.ID - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sampai akhir tahun 2021 pelaksanaan kegiatan seluruh OPD dilingkup Pemda DIY memiliki predikat sangat baik dengan total realisasi fisik 99,68 persen.

Artinya, kinerja Pemda DIY bisa dikatakan optimal dan tidak ada lagi OPD yang memiliki raport merah apalagi buruk pada kinerja di Triwulan IV ini. Meski tidak sampai 100 persen, namun kinerja Pemda DIY cukup baik.

''Saya pikir kinerja itu sudah cukup baik,'' ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Daerah Triwulan IV Pemda DIY, di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa, 25 Januari 2022.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Terjadi di Jabar, Jateng dan DIY, Ini 5 Imbauan BMKG untuk Transportasi Laut

Lebih lanjut Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Wakil Gubernur DIY, KGPAA Sri Paduka Paku Alam X mengatakan, walau pencapaian itu belum tepat 100 persen, namun kinerja Pemda DIY memiliki predikat sangat baik dengan total realisasi fisik yang mencapai 99,68 persen.

Gubernur juga menyatakan, jumlah penduduk miskin di DIY pada Triwulan IV tahun 2021 turun sebesar 6,31 persen, dari jumlah awal di bulan Maret 2021 yaitu 474,49 ribu jiwa dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pun tumbuh 0,57 persen.

Ngarsa Dalem, sapaan akrab Sri Sultan Hamengku Buwono X juga mengungkapkan, berdasarkan data BPS, perekonomian DIY tumbuh sebesar 2,30 persen.

Pertumbuhan ini, lanjut dia, didukung oleh sektor-sektor kemajuan pengerjaan proyek strategis nasional, pembangunan Jalan Jalur Lintas Selatan yang mendukung pencapaian pertumbuhan investasi, menguatkan adaptasi digital masyarakat dan membaiknya perekonomian global.

“Pertumbuhan ekonomi DIY tersebut berdampak pada ketenagakerjaan. Tingkat partisipasi angkatan kerja DIY sebesar 73, 52 persen yang meningkat dibandingkan 2020,'' ujarnya.

''Peningkatan tersebut karena terjadi perbaikan tenaga kerja di sektor formal. Bank Indonesia memproyeksikan tahun 2021 ekonomi DIY akan tumbuh sebesar 5,4 persen hingga 6,2 persen,” tambah Sri Sultan.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Endang Muryani Gelar Senam Sicita di Jumapolo

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:45 WIB
X