• Minggu, 22 Mei 2022

Ambil Alih dari Singapura, Indonesia Kelola Ruang Kendali Udara Riau dan Natuna

- Selasa, 25 Januari 2022 | 23:18 WIB
Ambil Alih dari Singapura, Indonesia Kelola Ruang Kendali Udara Riau dan Natuna (@jokowi/IG)
Ambil Alih dari Singapura, Indonesia Kelola Ruang Kendali Udara Riau dan Natuna (@jokowi/IG)

SMOL.ID - Setelah melalui perjuangan cukup panjang sejak 1993, Indonesia akhirnya dipercaya mengelola ruang kendali udara (FIR) di wilayah Riau termasuk Natuna.

Kelola ruang kendali udara (FIR) secara resmi telah diserahkan oleh Singapura ke Indonesia melalui perjanjian kesepakatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian secara resmi mengumumkan telah mengambil alih ruang kendali udara (FIR) di Kepulauan Riau, termasuk Natuna.

Baca Juga: Perkuat Keamanan Natuna, Jokowi Anggarkan Rp 12, 2 Triliun

"Selama penandatanganan FIR (ruang kendali udara), maka ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh teritorial Indonesia terutama Natuna dan Riau," ungkap Jokowi dalam konferensi pers seperti disiarkanan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 25
Januari 2022.


"Indonesia menghormati posisi Singapura yang memahami keinginan Indonesia untuk mengawasi wilayah udara kami sendiri," kata Jokowi.

Selain kesepakatan terkait FIR, Jokowi juga menyambut baik perjanjian ekstradisi dan sejumlah kerjasama kedua negara di bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Perjuangan panjang telah dilakukan Indonesia mengelola ruang kendali udara di Natuna dari Singapura. Namun oleh ICAO di Bangkok organisasi yang memiliki kewenangan terkait FIR belum mengizinkan.

Baca Juga: KKP Beli 2 Kapal Canggih siap Amankan Natuna

Perjuangan Indonesia untuk mengelola FIR dilakukan mulai 1993. Namun tidak berhasil.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X