• Minggu, 22 Mei 2022

Akibat Tanah Longsor, 11 Desa di Pekalongan Terisolir

- Rabu, 26 Januari 2022 | 19:42 WIB
Akibat Tanah Longsor,  11 Desa di Pekalongan Terisolir (Ilustrasi/tribrata)
Akibat Tanah Longsor, 11 Desa di Pekalongan Terisolir (Ilustrasi/tribrata)

SMOL.ID - Tanah longsor dan jembatan terputus terjadi di sejumlah titik di wilayah Pekalongan, Jawa Tengah akibat hujan deras dan angin kencang melanda Selasa 25 Januari 2022 sore kemarin.

Sedikitnya 11 desa di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terdampak longsor itu. Hingga hari ini Rabu 26 Januari 2022, akses 11 desa masih terputus.

Komandan Rayon Militer (Danramil), Kapten Budiharto mengatakan, tanah longsor telah memutus akses jalur Utama Jalan Raya Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Lebakbarang.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Kabupaten Semarang Dilanda Banjir dan Tanah Longsor serta Angin Puting Beliung

Selain itu, longsor juga membuat jembatan rusak parah, terputus dan tidak bisa dilewati. Parahnya lagi, sejumlah akses jalur alternatif juga tertutup longsor. Hingga Rabu 26 Januari 2022 hari ini,  akses jalan masih terputus.

"Kejadiannya sejak Selasa kemarin sore, hujan dengan intensitas yang tinggi, yang mengakibatkan banyak titik longsor di sepanjang jalan di jalur utama maupun alternatif. Untuk yang paling parah di sini di Jembatan Jangkar ini karena jembatannya putus,” kata Budiharto, di sela memantau longsor.

Akibat hujan deras dan angin kencang, pohon-pohon besar tumbang terbawa longsor menerjang jembatan dan masuk ke jurang dengan kedalaman 50 meter.

Baca Juga: Awas! 13 Desa di Kudus Ini Rawan Tanah Longsor, Warga Diimbau Waspada Saat Musim Hujan

Setidaknya ada lima kejadian longsor besar di sepanjang jalan Lebakbarang - Karanganyar membuat akses jalan tertutup hinggai hari ini belum bisa dilalui. longsor ringan di beberapa titik tapi jalan masih bsa dilalui

"Jalur utama di jembatan ini, putus total. Kita masih membersihkan pohon-pohon besar dan membuka jalan di sisi barat jembatan,” lanjutnya.

Kepala Desa Pamundutan, Kecamatan Lebakbarang, Sugeng mengatakan terutup longsor warga Kecamatan Labakbarang terisolir. Jaringan listrik terputus sehingga jika malam menjelang menjadi gelap gulita, sinyal handphone juga mengalami gangguan komunikasi.***

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Endang Muryani Gelar Senam Sicita di Jumapolo

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:45 WIB
X