• Selasa, 5 Juli 2022

Sejumlah Fotografer dan Penyair Siap Baca Puisi di Sastra Bulan Purnama

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:21 WIB
Sonia Prabowo. (Foto : Smol.id/dok)
Sonia Prabowo. (Foto : Smol.id/dok)

SMOL.ID - Sejumlah fotografer dan penyair Sabtu (29/1) besuk akan tampil membaca puisi pada Sastra Bulan Purnama edisi 124 di Pendapa Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis Km 8,5 pukul 15.00 WIB.

Kolaborasi membaca puisi ini, fotografer dan penyair tersebut lebih tepatnya digelar di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Acara ini sekaligus peluncuran buku puisi berjudul 'Moods', karya Sonia Prabowo.

Mengingat kegiatan ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, maka jumlah tamu dibatasi 30 sampai 50 orang. Dengan harapan, peserta maupun tamu undangan bisa nyaman selama menyaksikan perhelatan tersebut.

Buku puisi karya Sonia Prabowo, yang juga dikenal sebagai seorang fotografer, dipadukan dengan karya fotografi, sehingga buku puisi ‘Moods’ merupakan buku puisi kolaborasi dengan puisi.

Karya foto Sonia Prabowo puitis, apalagi dihadirkan dalam formula hitam putuh, nuansa puitisnya terasa. Sehingga rugi bila tidak datang untuk menyaksikan acara tersebut.



Selain peluncuran buku puisi, sekaligus Sonia Prabowo memajang karya fotografinya di ruang pamer Tembi Rumah Budaya, sehingga peluncuran buku puisi sekaligus pembukaan pameran fotografi karya Sonia.

Sedikitnya ada sekitar 100 karya berbagai ukuran yang akan dipamerkan dan akan dibuka oleh seorang fotografer senior, Pinto NH. ''Kami senang karena senior kami berkenan membuka pameran kami,'' ujar Sonia, dalam rilisnya yang diterima Smol.id, Kamis (27/1).

Puisi-puisi karya Sonia yang terkumpul dalam buku ‘Moods’, dalam peluncuran ini akan dibacakan oleh para fotografer, perupa dan penyair.

Beberapa fotografer yang akan membacakan puisi karyanya di antaranya, Teguh Santosa, Himawan, Farid Wong, Budi Asmarawati, Ugo Untoro, Reza Kodok, Gek Ami dan Umi Kulsum. Musikalisasi puisi akan dipersiapkan Diki Satya.

Buku puisi karya Sonia Prabowo akan dibincangkan oleh dua narasumber, seorang penyair dan seorang fotografer. Tentu, penulisnya juga akan ikut berbicara dan membacakan puisi karyanya sendiri.

Fauzie Absal, seorang penyair, yang sejak tahun 1970-an sudah menulis puisi dan ikut aktif di Persada Studi Klub asuhan Umbu Landu Paranggi, akan membahas puisi2 karya Sonia, dan Pinto NH, seorang fotografer lebih membahas karya foto Sonia.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X