• Jumat, 7 Oktober 2022

Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi: Penguasaan Sains Benteng Ketahanan Bangsa

- Selasa, 15 Maret 2022 | 14:23 WIB
Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi menerima kenang-kenangan buku. (Foto : Smol.id/Dok)
Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi menerima kenang-kenangan buku. (Foto : Smol.id/Dok)

SMOL.ID - Generasi muda sebagai bagian besar dalam demografi penduduk Indonesia, harus bisa menguasai dan mengembangkan kecakapan sains teknologi untuk memastikan jalan kemajuan bangsa.

Kepala BPIP, Prof Dr KH Yudian Wahyudi, mengatakan itu di hadapan ratusan mahasiswa dan civitas akademika Universitas Syiah Kuala, dalam Kuliah Umum bertajuk “Pancasila sebagai Pondasi Generasi Unggul dan Indonesia Maju”, di Darussalam Kota Banda Aceh, Senin (14/3).

Kuliah umum yang disampaikan secara luring tersebut, mendapat sambutan simpatik dari para mahasiswa, dosen dan pejabat setempat yang mengikuti acara tersebut.

Baca Juga: BPIP-Lemhannas Sepakati Platform Penguatan Wawasan Kebangsaan

Sebab, lanjut Prof Yudian Wahyudi, perkembangan teknologi produksi mutakhir, yang mengawinkan berbagai inovasi sains terkini, seperti machine learning atau artificial intelligence, telah menciptakan disrupsi dalam berbagai bidang.

Kecakapan sains dan antisipasi terhadap perubahan yang ditimbulkannya, akan sangat menentukan bagaimana bangsa Indonesia memiliki kendali dan bahkan mengarahkan perubahan sesuai cita-cita pendiri bangsa.

Oleh karena itu, generasi muda sebagai bagian besar dalam demografi penduduk Indonesia, harus bisa menguasai dan mengembangkan kecakapan sains ini untuk memastikan jalan kemajuan bangsa tersebut.

Kepala BPIP, Prof Dr KH Yudian Wahyudi.

Menurut Yudian, pentingnya penguasaan sains merupakan keberlanjutan dari ajaran para ulama masa lalu, terutama Teungku Syiah Kuala, yang menjadi inspirasi nama Universitas.

Penyebaran agama yang dilakukan Syiah Kuala, menurut Prof Yudian, tidak didasarkan pada paksaan. Tetapi melalui pendekatan nalar dalam membaca dinamika msyarakat, sehingga ajaran agama menyebar hingga seluruh Nusantara.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persabaya Ulurkan Tangan Damai Buat Pendukung Arema

Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:49 WIB

PDIP Tegaskan Tidak Ada Kubu Ganjar dan Kubu Puan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:43 WIB

Konvensi Hulu Migas Indonesia Akan Digelar Kembali

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:10 WIB
X