• Jumat, 7 Oktober 2022

Kepala BPIP Kenalkan Buku Diklat Pancasila untuk TNI

- Jumat, 25 Maret 2022 | 22:15 WIB
Kepala BPIP RI, Prof Dr KH Yudian Wahyudi MA, PhD dan Pangdam V/Browijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto saat memperlihatkan buku pendidikan dan latihan tentang Pancasila. (Foto : Smol.id/dok)
Kepala BPIP RI, Prof Dr KH Yudian Wahyudi MA, PhD dan Pangdam V/Browijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto saat memperlihatkan buku pendidikan dan latihan tentang Pancasila. (Foto : Smol.id/dok)

SMOL.ID - Kepala BPIP RI, Prof Dr KH Yudian Wahyudi MA, PhD mengatakan, mengapa buku Diklat Pancasila ini penting untuk disosialisasikan, karena salah satu alasan utamanya adalah peran penting TNI dalam menangkal segala bentuk tindakan ekstrimism, sekulerisme, dan radikalisme.

Disinilah mengapa TNI selalu hadir dalam segala bentuk proses keamanan dan diplomasi negara Pancasila. Beberapa aktivitas yang secara konsisten diamalkan antara lain dalam bentuk pengamanan objek vital nasional yang bersifat strategis.

Juga bertugas membantu perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri negara Indonesia, hingga membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Baca Juga: BPIP dan Pangdam V/Brawijaya Perkuat Kolaborasi Bumikan Pancasila

Oleh karena itu, semua anak bangsa perlu mendorong dan berkolaborasi agar Pembinaan Ideologi Pancasila mampu disosialisasikan melalui berbagai aktor di tingkat akar rumput, baik dari kalangan masyarakat maupun pemerintah, termasuk TNI-AD.

Prof Dr KH Yudian Wahyudi mengatakan itu dalam kunjungannya ke Markas Komando Daerah Militer V/Brawijaya, Jumat, 25 Maret 2022. Dalam kunjungan tersebut, diterima langsung Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto dan staf.

Kepala BPIP RI, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D perkenalkan buku pendidikan dan latihan tentang Pancasila yang nantinya akan dipakai sebagai bahan ajar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk kalangan TNI.

Dalam kesempatan itu Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto menyatakan siap mendukung serta memfasilitasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang menjadi salah satu program prioritas di masa kepemimpinan Presiden Ir. Joko Widodo.

Ia pun siap jika nantinya daerah militer Jawa Timur, dijadikan pilot project program Pembumian Pancasila. "Kami siap menjadi role model untuk program Pembinaan Ideologi Pancasila, kami juga memiliki Kampung Pancasila di daerah Jawa Timur yang siap menerima masukan dari BPIP, sehingga kami bisa memperbaiki lagi apa yang sudah dijalankan,'' ujatnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Utama yang juga mendampingi Kepala BPIP RI dalam kunjungannya mengatakan, sudah ada desa-desa Pancasila yang telah berkolaborasi BPIP.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persabaya Ulurkan Tangan Damai Buat Pendukung Arema

Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:49 WIB

PDIP Tegaskan Tidak Ada Kubu Ganjar dan Kubu Puan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:43 WIB

Konvensi Hulu Migas Indonesia Akan Digelar Kembali

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:10 WIB
X