• Jumat, 7 Oktober 2022

Di Ponpes Annuqayah Sumenep, Kepala BPIP Tekankan Salam Pancasila Bukan Pengganti Salam Agama

- Rabu, 30 Maret 2022 | 13:25 WIB
Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi saat mengunjungi Ponpes Annuqayah Sumenep. (Foto : Smol.id/dok)
Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi saat mengunjungi Ponpes Annuqayah Sumenep. (Foto : Smol.id/dok)

SMOL.ID - Para santri Pondok Pesantren Annuqayah, Sumenep, merupakan nahkoda keberagaman yang diharapkan mampu menjaga spirit kebhinekaan Kabupaten Sumenep merupakan nahkoda keberagaman yang diharapkan mampu menjaga spirit kebhinekaan.

Kabupaten Sumenep sebagai salah satu kabupaten yang multikultur masyarakatnya terdiri dari bebagai etnis, suku, ras, agama, dan hidup berdampingan secara rukun serta gotong royong.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D saat mengunjungi Pondok Pesantren Annuqayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kemarin (28/3).

Baca Juga: Kepala BPIP Kenalkan Buku Diklat Pancasila untuk TNI

Dengan spirit itulah, ia menegaskan bahwa santri juga menjadi garda terdepan dalam membumikan Pancasila yang memiliki nilai-nilai universal dan mampu diadopsi oleh masyarakat dunia.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan tentang Salam Pancasila yang merupakan Salam Kebangsaan ditengah kemajemukan Bangsa Indonesia. Salam Pancasila dikatakannya mampu menjadi Salam perekat dan pemersatu bangsa yang tidak dipunyai bangsa lain.

"Saya jelaskan Salam Pancasila adalah Salam Kebangsaan, Salam Pancasila bukan Salam untuk mengganti salam agama, Salam Pancasila adalah jembatan antar agama,'' katanya dalam rilisnya yang diterima Smol.id, Rabu, 30 Maret 2022.

Ia juga mengatakan, makna Salam Pancasila menurut agama islam adalah do'a keselamatan. "Itu do'a agar mendapat, keselamatan, ketentraman dan kedamaian,'' ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, jika tidak disosialisasikan oleh orang-orang yang memahami maka masyarakat tidak akan tahu arti dan pentingnya salam kebangsaan itu.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persabaya Ulurkan Tangan Damai Buat Pendukung Arema

Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:49 WIB

PDIP Tegaskan Tidak Ada Kubu Ganjar dan Kubu Puan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:43 WIB

Konvensi Hulu Migas Indonesia Akan Digelar Kembali

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:10 WIB
X