• Sabtu, 2 Juli 2022

Langgar Wilayah Udara, TNI AU Paksa Pesawat Malaysia Mendarat di Lanud Hang Nadim Batam

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:08 WIB
Langgar Wilayah Udara, TNI AU Paksa Pesawat Malaysia Mendarat di Hang Nadim Batam (IST/PR)
Langgar Wilayah Udara, TNI AU Paksa Pesawat Malaysia Mendarat di Hang Nadim Batam (IST/PR)

SMOL.ID - Sebuah pesawat sipil Malaysia tipe DA62 dengan registrasi G-DVOR terbang di wilayah udara Indonesia tanpa izin. Pesawat dipiloti warga negara Inggris itu terbang dari Kuching dengan tujuan Senai, Malaysia.

Karena melanggar batas wilayah hukum udara Indonesia, pesawat dipaksa untuk mendarat oleh TNI AU di Lanud Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Awalnya sempat nyaris dilakukan intersepsi menggunakan pesawat tempur F-16 namun urung karena sang pilot patuh terhadap instruksi.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan, sebagai negara berdaulat, Indonesia wajib menjaga kedaulatan wilayah termasuk wilayah udara.

Baca Juga: Happy Vesak Day 2022, Simak 15 Referensi Ucapan Hari Raya Waisak dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

"TNI AU sebagai penjaga wilayah udara melaksanakan patroli dan pengawasan wilayah udara yurisdiksi nasional, baik menggunakan radar Hanud maupun pesawat tempur sergap," kata Indan Gilang Buldansyah, Sabtu 14 Mei 2022.

Termasuk masuknya pesawat asing milik Malaysia yang melintas di wilayah udara Indonesia harus medapatkan penegakan hukum karena melanggar aturan.

Indan Gilang menjelaskan, kronologi kejadian pelanggaran wilayah udara bermula dari terdeteksinya satu pesawat masuk ke wilayah udara RI oleh Satrad 213 Tanjung Pinang.

Kemudian temuan itu dilaporkan ke komando atas, selanjutnya TNI AU menyiagakan
satu flight F-16 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk melaksanakan intersepsi.

Namun intersepsi tidak dilakukan karena ternyata pilot dan kru pesawat yang melanggar mentaati instruksi dan petunjuk Kosek IKN yang disampaikan melalui MCC Cengkareng.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X