• Jumat, 1 Juli 2022

Ganjar Pranowo Serahkan Santunan Warga Terdampak Reaktivasi Rel KA Tawang-Tanjungmas

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:45 WIB
Ganjar Serahkan Santunan Warga Terdampak Reaktivasi Rel KA Tawang-Tanjungmas.
Ganjar Serahkan Santunan Warga Terdampak Reaktivasi Rel KA Tawang-Tanjungmas.

SMOL.ID - “Pak pripun, wis nompo duite durung? dinggo opo hayo (Pak bagaimana, sudah terima uangnya? Hayo mau dipakai apa,” seloroh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengundang tawa warga di Kantor Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara, Selasa 17 Mei 2022.

Kedatangan Ganjar di kelurahan tersebut dalam rangka menyerahkan Santunan Penanganan Dampak Sosial dalam Rangka Penyediaan Tanah untuk Reaktivasi Jalur Kereta Api Stasiun Tawang.

“Ya dibuat rumah lagi pak,” kata seorang pria paruh baya menjawab pertanyaan Ganjar.

Baca Juga: Terima Keuskupan Agung Semarang, Ganjar Pranowo: Ini Tradisi Indah untuk Kita Rawat

Secara simbolis, Ganjar menyerahkan santunan tersebut pada perwakilan warga. Nominalnya beragam. Dari miliaran rupiah hingga yang terkecil Rp 4juta untuk sebuah kandang ayam.

“Sebenarnya tanahnya juga milik KAI, tapi negara tidak asal ayo minggir. Ada yang sampai 2 miliar lebih, yang terkecil tadi empat juta tapi kandang ayam empat meter persegi jadi artinya pemerintah serius menghargai apa yang sudah ada dalam sejarah di mana masyarakat menempati di situ,” katanya.

Ganjar berharap warga yang menerima santunan tersebut bisa mempergunakannya dengan baik. Mantan anggota DPR itu juga mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang berkomitmen melibatkan masyarakat dalam reaktivasi jalur kereta api.

“Insyaallah ini juga jadi ibadah panjenengan. Saya titip uangnya digunakan untuk kebutuhan rumah saja setelah itu yang lain-lain. Pak jangan dipakai nikah lagi ya, gunakan untuk yang bermanfaat saja,” ujar Ganjar disambut tawa para warga.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Terbangkan Lampion Malam Dharmasanti: Suasananya Menggembirakan

Sementara Putu Sumarjaya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengatakan ada total Rp 15 miliar yang diberikan kepada warga. Prosesnya telah berlangsung sejak tahun 2021.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X