• Jumat, 1 Juli 2022

Penghargaan Exellent Bank dari Infobank untuk Bank Daerah Karanganyar

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:42 WIB
Dirut Bank Daerah Haryono saat menerima penghargaan Exellent Bank dari Majalah Infobank Jakarta.
Dirut Bank Daerah Haryono saat menerima penghargaan Exellent Bank dari Majalah Infobank Jakarta.

SMOL.ID – Setelah menyabet penghargaan top BUMD bintang lima yang diserahkan Mendagri beberapa waktu lalu bagi Bank Daerah yang kini beraset lebih dari Rp 500 miliar, kini Bank Daerah kembali menyabet Bank Exellent dari Majalah Infobank Jakarta untuk kategori BPR.

Bank Daerah Karanganyar kini masuk rangking ke-8 nasional di antara 500-an BPR terbaik. Bank Daerah hanya kalah dengan Bank Magelang dan Bank Boyolali yang sudah memiliki aset di atas Rp 1 triliun.

Penghargaan itu diberikan Infobank pada Dirut Bank Daerah Haryono di Hotel Alila Solo sebagai penghargaan bank yang sehat dan terjaga dengan NPL (nonperforming loan/kredit macet) hanya 0,08 persen. Artinya hampir seluruh kredit kembali.

Haryono mengatakan, penghargaan itu sebuah kepercayaan bagi banknya yang mesti dijaga. Dia menrgetkan akhir tahun ini sudah bisa mencap[ai NPL 0 persen, atau tidak ada kredit macet nasabahnya karena kepercayaan yang tinggi pada banknya.

Bank adalah bisnis kepercayaan. Karena itu setiap kepercayaan harus dijaga. Dia termasuk yang konsisten untuk menjaga agar banknya tidak menjadi beban masyarakat atau beban bagi pemerintah Karanganyar.

Bank harus hadir ketika rakyat sedang dalam kesulitan. Termasuk ketika kredit di bank lain cenderung tinggi seperti saat resesi, harusnya bank Daerah tampil menolong. Dia mencontohkan saat pandemi lalu ketika bank lain menutup landing, Bank Daerah malah bisa menyalurkan kredit yang meningkat Rp 70 miliar.

Karena itulah Majalah Infobank yang selama ini mengamati perbankan nasional tanpa dibayar memilih bank ini sebagai bank exellent. Sebab salah satunya adalah konsisten untuk menjadi pelayan masyarakat.

Dan ini tidak mudah karena godaannya banyak, termasuk iming-iming laba tinggi, namun tentu saja nasabah yang menjerit ketika dikenakan bunga tinggi.

Bank Daerah konsisten untuk membantu mendampingi rakyat Karanganyar karena saham bank ini sepenuhnya milik Pemkab Karanganyar. (joko dh)

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pati Kembali Tinjau Suntik Vaksin PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:12 WIB

Cek Bantuan Jalan, Ganjar Diserbu Emak-emak

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:06 WIB
X