• Jumat, 1 Juli 2022

Berikan Layanan Listrik Kontinyu, PLN Jogja Lakukan Pekerjaan Tanpa Padam

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:25 WIB
Berikan Layanan Listrik Kontinyu, PLN Jogja Lakukan Pekerjaan Tanpa Padam.
Berikan Layanan Listrik Kontinyu, PLN Jogja Lakukan Pekerjaan Tanpa Padam.

SMOL.ID – Meningkatnya kebutuhan energi listrik di semua sektor dan kehidupan rumah tangga dengan peralatan modern, sangat tergantung terhadap kontinuitas suplai listrik.

Sehingga apapun penyebabnya, terganggunya penyaluran energi listrik akan menimbulkan keluhan konsumen. Bagi PLN sendiri juga merupakan kerugian karena tidak dapat menjual energi listriknya secara maksimal.

Di lain pihak, jaringan listrik memerlukan pemeliharaan dan perbaikan baik secara preventif maupun korektif secara berkala. Pekerjaan tersebut normalnya harus dilaksanakan dengan memadamkan aliran listrik.

Baca Juga: PLN Sabet 4 Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022

Guna memberikan layanan listrik yang tidak terputus kepada pelanggan sekaligus menyelamatkan kWh, PLN menerjunkan pasukan elit terlatih yang melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor dalam kondisi bertegangan atau listrik dalam keadaan menyala yang disebut dengan tim PDKB (Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan).

Seperti yang dilakukan Tim PDKB UP3 Yogyakarta pada Kamis, (19/5) yang melakukan pekerjaan perbaikan ABSW di Wilayah Godean, Sedayu, DIY. ABSW (Air Braker Swich) suatu alat yang digunakan sebagai pemisah aliran listrik tegangan menengah.

Manager PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Samsuri menyampaikan bahwa perbaikan peralatan ini bertujuan untuk memperkecil daerah padam, mengamankan sistem, lingkungan dan peralatan apabila terjadi gangguan jaringan 20 kV.

“Dengan menggunakan APD lengkap dan bekerja dengan sesuai SOP, tim PDKB kami melakukan pekerjaan pemeliharaan dalam keaadan bertegangan, sehingga listrik tidak padam,” ujar Samsuri.

Baca Juga: Toko Retail MR.DIY Pertama di Demak Gunakan Listrik Premium PLN

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pati Kembali Tinjau Suntik Vaksin PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:12 WIB

Cek Bantuan Jalan, Ganjar Diserbu Emak-emak

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:06 WIB
X