• Jumat, 1 Juli 2022

Buku Ganjar Perkasa, 'Duet Maut' Sipil-Militer Jaga Keutuhan NKRI

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:34 WIB
Arak-arakan Ritual Peluncuran Buku Ganjar Perkasa, 'Duet Maut' Sipil-Militer Menjaga Keutuhan NKRI. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)
Arak-arakan Ritual Peluncuran Buku Ganjar Perkasa, 'Duet Maut' Sipil-Militer Menjaga Keutuhan NKRI. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)


SMOL.ID - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, sekelompok anak muda kritis dari berbagai daerah yang menginginkan Indonesia maju serta disegani diberbagai negara di dunia, Jumat (20/5) malam melouncing buku berjudul Ganjar Perkasa 'Duet Maut' Sipil-Militer Menjaga Keutuhan NKRI.

Buku yang dicetak oleh Galang Press dan Medpress tersebut diluncurkan di Medpresso Cafe, Deresan Catur Tunggal, Depok, Kabupaten Sleman, dengan menghadirkan Nara sumber Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M., Ahli Hukum Tata Negara Indonesia dan Lektor Kepala Hukum Tata Negara di Universitas Gadjah Mada.

Peluncuran buku tersebut, cukup mengejutkan karena ditengah partai masih mencari sosok yang tepat bagi calon presiden dan wakil presiden, tapi buku ini sudah terang-terangan berani memunculkan nama Ganjar Pranowo dan Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini masih menjabat sebagai Panglima TNI.

Peluncuran buku Ganjar Perkasa, ‘Duet Maut’ Sipil-Militer Menjaga Keutuhan NKRI, bisa ditebak kemana arah dan tujuannya. Lepas dari semua itu, peluncuran buku ini dinilai terlalu cepat. Apalagi Ganjar Pranowo sendiri sebagai orang partai belum memiliki kendaraan untuk bisa pergi mencapai tujuan.

Tapi sebagai sebuah wacana boleh-boleh saja, karena pada dasarnya politik itu dinamis dan bisa berubah dengan cepat artinya segala kemungkinan masih bisa terjadi duet maut Ganjar Pranowo – Andika Perkasa.

Buku Ganjar Perkasa, ‘Duet Maut’ Sipil-Militer Menjaga Keutuhan NKRI tersebut, tidak muncul begitu saja tapi melalui diskusi panjang yang dilakukan oleh anak-anak muda kritis yang mengiginkan keberhasilan dan pembangunan yang dilakukan Presiden Joko Widodo bisa diteruskan oleh penggantinya.

Tiga bulan sebelum buku ini dilaunching, sudah lebih dulu diawali dengan sebuah diskusi, perdebatan, dari kelompok diskusi di Kalipa (Kampung Literasi Pakem, Kabupaten Sleman) yang membicarakan kekuatan nama-nama calon Presiden dan calon Wakil Presiden 2024.

Sampai pada akhirnya kelompok diskusi ini melakukan semacam riset melalui wawancara kepada 350 responden dari berbagai daerah, dengan menyodorkan nama-nama calon yang mungkin berlaga dalam kontestasi ini.

Hasilnya, survei dan riset yang dilakukan Indra Ismawan, Julius Felecianus, Widihasto Wasana Putra, dan Wayan Darmaputra cukup mengejutkan. Dimana muncul beberapa nama calon Presiden yang diluar dugaan mereka.

Dari hasil wawancara tersebut, 60 persen responden menginginkan calon Presiden dipasangkan langsung. Urutan terbanyak menginginkan pasangan Presiden dan Wakil Presiden dengan nama Ganjar Pranowo sebagai Presiden dan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Wakil Presiden.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pati Kembali Tinjau Suntik Vaksin PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:12 WIB

Cek Bantuan Jalan, Ganjar Diserbu Emak-emak

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:06 WIB
X