• Jumat, 1 Juli 2022

Pacu Sportourism di Jateng, Disporapar Ajak Pegiat Event Olahraga Mengenal Jemparingan

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:58 WIB
Pacu Sportourism di Jateng, Disporapar Ajak Pegiat Event Olahraga Mengenal Jemparingan.
Pacu Sportourism di Jateng, Disporapar Ajak Pegiat Event Olahraga Mengenal Jemparingan.

SMOL.ID - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng mengajak pegiat event, guru olahraga dan pengelola obyek wisata mengenal jemparingan. Pengenalan olahraga panahan tradisional ini, diharapkan dapat menggelorakan sport tourism di Jawa Tengah, setelah pandemi Covid-19.

Pengenalan dan pelatihan singkat diadakan di Omah Alas, di Desa Wisata Kandri, Gunungpati-Semarang, Sabtu (21/5/2022). Kegiatan tersebut diikuti 50 orang dari pengelola obyek wisata, pegiat event dan guru olahraga.

Maestro jemparingan asal Solo Edy Roostopo dan Agung Sumedi, menjadi pelatih untuk ajang tersebut.

Baca Juga: Didepan Penyuluh Antikorupsi se Indonesia, Ganjar Pranowo Ceritakan Pengalamannyaa di Jateng

Sub Koordinator Seksi Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga Disporapar Jateng Anton Asviani mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk menggelorakan wisata olahraga. Itu tak lepas dari potensi sport tourism yang dapat dikembangkan di penjuru Jawa Tengah.

Ia menyebut, terdapat event sport tourism di Jateng yang bersifar masif. Seperti Borobudur Marathon atau Tour De Borobudur yang sekaligus memunyai manfaat ekonomi yang tinggi.

"Sport Tourism (wisata olahraga) di Jawa Tengah potensinya besar. Inisiatif kami agar orang yang mau berwisata mau datang karena ada sesuatu yang unik, satu di antaranya olahraga tradisi jemparingan," ucapnya.

Ia menyebut, di Jateng banyak terdapat olahraga tradisi. Seperti jemparingan, egrang dan sebagainya yang dapat dibungkus dengan destinasi wisata.

"Inisiatif kita untuk angkat olahraga tradisional karena potensi alam di sekitar bisa dibikin alat olahraga. Seperti gendewa (busur) jemparingan dari bambu petung. Itu bisa jadi suvenir olahraga dan suvenir pariwisata. Bisa juga dijadikan paket wisata," urainya.

Maestro jemparingan Edy Roostopo mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, jemparingan perlu dipopulerkan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pati Kembali Tinjau Suntik Vaksin PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:12 WIB

Cek Bantuan Jalan, Ganjar Diserbu Emak-emak

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:06 WIB
X