• Selasa, 5 Juli 2022

Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024?

- Minggu, 22 Mei 2022 | 16:52 WIB
Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024? (IST/PR)
Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024? (IST/PR)

SMOL.ID - Kemana arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu 2024 sebenarnya sudah terbaca. Jokowi diprediksi bakal mengarahkan dukungannya ke Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (capres) 2024.

Itu terlihat dari pernyataan disampaikan Jokowi saat menghadiri Rakernas V Pro Jokowi (Pro Jokowi) organisasi sukarelawan yang dibentuk untuk mendukungnya saat mencalonkan presiden.

Dari pidatornya itu, kemana arah dukungan Jokowi terhadap calon yang pantas diusung di Pilpres 2024 sudah bisa dibaca.

Analisis itu disampaikan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Setelah menyaksikan gestur Jokowi saat berpidato di Rakernas V Projo di Magelang, menurut Yunarto mantan Wali Kota Solo itu lebih condong mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Baca Juga: Hadiri Rakernas Projo, Jokowi Berpesan Jangan Kesusu Bicara Capres

Menurut Yunarto, pidato Jokowi menjadi awal mula simbol yang kuat arah dukungan ke Ganjar Pranowo.

"Pidato Jokowi soal "mungkin yang kita dukung hadir di sini" itu mengarah ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, hanya Ganjar yang masuk dalam radar survei teratas Calon Presiden (Capres) 2024 yang hadir dalam rakernas tersebut," sebut Yunarto, Minggu 22 Mei 2022.

Tapi Yunarto belum bisa memastikan, apakah dipilihnya Magelang sebagai Rakernas Projo adalah simbol dukungan ke Ganjar atau bukan.

Menurut Yunarto, Ganjar memiliki peringat popularitas dan elektablitas paling tinggi di antara figur-figur yang sering disebut dalam survei kredibel.

Ganjar Pranowo juga sering disebut sebagai calon kuat penerus Jokowi sebagai Presiden periode 2024-2029.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Bawa 847 UMKM Difabel Naik Kelas

Senin, 4 Juli 2022 | 23:39 WIB
X