• Senin, 15 Agustus 2022

Negara Hadir melalui PMN 2023, PLN Siap Salurkan Rp 10 triliun untuk Listriki Wilayah 3T

- Selasa, 5 Juli 2022 | 18:21 WIB
Negara Hadir melalui PMN 2023, PLN Siap Salurkan Rp 10 triliun untuk Listriki Wilayah 3T
Negara Hadir melalui PMN 2023, PLN Siap Salurkan Rp 10 triliun untuk Listriki Wilayah 3T

SMOL.ID - Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk PLN sebesar Rp 10 triliun akan digunakan untuk membangun infrastruktur kelistrikan di daerah-daerah terpencil demi mewujudkan energi berkeadilan.

Jakarta, 5 Juli 2022 - PT PLN (Persero) resmi mendapatkan persetujuan suntikan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 10 triliun pada 2023 dari Komisi VI DPR RI. Kucuran dana PMN ini salah satunya akan digunakan PLN untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Direktur Utama PT PLN Persero Darmawan Prasodjo bersyukur pengajuan PMN untuk mendanai proyek infrastruktur kelistrikan disetujui Komisi VI DPR RI.

Baca Juga: PLN Bawa 847 UMKM Difabel Naik Kelas

“ Alhamdulillah paparan filosofis ideologis yang kami sampaikan sebelumnya dapat diterima oleh fraksi-fraksi di Komisi VI DPR RI,” katanya.

Darmawan menjelaskan, pendanaan pembangunan infrastruktur kelistrikan merupakan kehadiran negara dalam mewujudkan keadilan sosial dan kemandirian energi. Pasalnya, ada 4.700 desa yang masih belum mendapatkan akses listrik PLN, 293 desa belum menikmati listrik sama sekali dan sisanya menikmati secara mandiri.

“Dengan Good Corporate Governance , dana PMN akan digunakan untuk pembangunan listrik di wilayah 3T serta pembangunan infrastruktur kelistrikan lainnya,” tegasnya.

Baca Juga: Dukung Kampung Nelayan Maju, PLN Perkenalkan Paving dan Batako yang Lebih Kuat Berbahan FABA

Adapun, pengajuan PMN ini akan didistribusikan untuk sejumlah proyek, yakni mengoptimalkan pasokan listrik di Jawa Madura Bali melalui pembangunan infrastruktur dengan anggaran mencapai Rp 2 triliun. Selain itu, sebanyak Rp 4,5 triliun akan dialokasikan PLN untuk membangun transmisi yang menghubungkan PLTA ke daerah terpencil di wilayah Kalimantan.

Halaman:

Editor: Muhammad Syafiq Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bambang Pacul: Koalisi Partai Hal Biasa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:06 WIB

Kementrian ESDM Dorong Program Konversi BBM ke BBG

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:56 WIB
X