• Senin, 15 Agustus 2022

Dengar Minyak Biji Ganja Bisa Atasi Stunting, Komisi III Ngotot UU Narkotika Segera Direvisi

- Selasa, 5 Juli 2022 | 21:33 WIB
Dengar Minyak Biji Ganja Bisa Atasi Stunting, Komisi III Ngotot UU Narkotika Segera Direvisi (Ilustrasi/PR)
Dengar Minyak Biji Ganja Bisa Atasi Stunting, Komisi III Ngotot UU Narkotika Segera Direvisi (Ilustrasi/PR)

SMOL.ID - Hasil riset sejumlah pakar, ganja memiliki nilai kemanfaatan tinggi bagi kesehatan, bahkan stunting bisa diatasi dengan minyak biji ganja.

Sayangnya, di Indonesia tidak ada penelitian tentang ganja, yang digunakan hanyalah pendekatan hukum dan memasukan mariyuna dalam narkotika golongan 1.

Siapapun memakai ganja meski dengan alasan medis, tetap dihukum. Bahkan, seorang perempuan penderita kanker meninggal dunia karena tak boleh lagi mengonsumsi ganja, bahkan sang suami dihukum lantaran dianggap memiliki ganja.

ganjarBaca Juga: Izinkan Ganja untuk Penelitian Medis, Menkes Segera Terbitkan Regulasinya

Anggota Komisi III DPR RI Romo H.R. Muhammad Syafi'i mendesak agar Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika segera untuk direvisi mengingat adanya tuntutan perkembangan zaman dari sisi akademik soal ganja.

Legalisasi ganja sebagai kebutuhan medis sangat diperlukan. Penelitian kemanfaatan tanaman ganja untuk kepentingan medis harus segera dilakukan.

“UU Narkotika masa berlakunya sudah cukup lama. Sementara, perkembangan akademik semakin berkembang. Salah satunya, ternyata ada penelitian terbaru tentang ganja. Ganja berdasar hasil penelitian akademik Profesor Musri Musman di Universitas Syiah Kuala dan referensi internasional ada 1.269 senyawa kimia dan hanya 1 senyawa berbahaya bernama Tetrahydrocannabinol (THC),” ujar Romo, di Jakarta, Selasa 5 Juli 2022.

Menurutnya, banyak hal yang harus segera direvisi dalam UU Narkotika. Selama ini, yang digunakan hanya pendekatan hukum dimana ganja masuk golongan I narkotika.

Baca Juga: Wacana Legalisasi Ganja di Indonesia, Harus Dikaji Ilmiah dan Komprehensif

Sehingga, berdampak pada terhalangnya kepentingan untuk kesehatan. Padahal, dalam hasil penelitian ternyata dalam ganja minus THC banyak sekali persoalan kesehatan seperti stunting yang bisa diatasi dengan minyak biji ganja.

Namun demikian, tetap diperlukan dilakukan penegakan hukum secara tegas jika ditemukan adanya penyalahgunaan ganja untuk rekreasional.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bambang Pacul: Koalisi Partai Hal Biasa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:06 WIB

Kementrian ESDM Dorong Program Konversi BBM ke BBG

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:56 WIB
X