• Sabtu, 10 Desember 2022

Honorarium Imam dan Takmir Masjid Bakal Ditambah, Kemenag Susun Standardisasinya

- Minggu, 24 Juli 2022 | 20:08 WIB
Kemenag akan Tingkatkan Honorarium Imam dan Takmir Masjid (Ilustrasi)
Kemenag akan Tingkatkan Honorarium Imam dan Takmir Masjid (Ilustrasi)

SMOL.ID - Kesejahteraan para Imam dan Takmir Masjid tengah dalam pembahasan Kementerian Agama (Kemenag). Kemenag saat ini sedang menyusun standardisasi honorarium demi meningkatkan kesejahteraan Imam dan Takmir Masjid.

Rencananya kesejahteraan Imam dan Takmir Masjid akan ditingkatkan dengan menambah honorarium dana bersumber dari  APBN, ABPB dan sumber pendapatan masjid.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag Adib menyebut standardidasi honorarium dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan imam dan takmir masjid.

"Kami di Kementerian Agama sedang menyusun standardisasi honorarium kemasjidan. Hal ini merupakan upaya untuk menyejahterakan imam tetap dan takmir di masjid-masjid," jelas Abdi, di Jakarta Kamis 21 Juli 2022.

Baca Juga: Dana BOS Madrasah 2022 Sebesar Rp 2,5 Triliun Cair, Ini Penjelasan Kemenag

Saat ini, Kementerian Agama sedang membahas bagaimana persyaratan dan mekanisme dalam menyusun standardiasi honorarium Imam dan Tamir Masjid tersebut.

Menurut Abdi, selama ini Imam dan Takmir Masjid memiliki peran besar dalam kehidupan beragama di Indonesia. Bukan hanya mengawal peribadatan umat, tetapi juga merawat kerukunan umat beragama.

“Menurut saya wajar jika Kemenag memikirkan upaya peningkatan kesejahteraan Imam dan Takmir Masjid. Selama ini, mereka adalah mitra Kemenag untuk membangun masyarakat yang saleh dan moderat, serta menjaga kerukunan umat beragama,” terang mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat ini.

Standardisasi honorarium kemasjidan ini juga diharapkan dapat mendorong profesionalisme pengelolaan masjid.

Baca Juga: Kemenag Buka Rekrutmen Fasilitator PKB Guru Madrasah Daerah 3T, Cek Laman Berikut Ini untuk Mendaftar

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X