• Minggu, 25 September 2022

Pelatihan Membuat Logo Promosi

- Jumat, 29 Juli 2022 | 18:45 WIB
Suasana saat pembukaan pelatihan pembuatan logo industri (hm)
Suasana saat pembukaan pelatihan pembuatan logo industri (hm)


SMOL.ID - Pelatihan membuat branding industri “Teknik Logo sebagai Media Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk,” berlangsung Kamis (28/7) di Kelurahan Tanjungmas diikuti oleh 30 perempuan peserta.

Pelatihan untuk mendukung salah satu indikator Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak ( KRPPA ) yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bekerjasama dengan Yayasan Anantaka dan Pemerintah Kota Semarang.

Acara dibuka oleh Ketua Tim Pengabdian Udinus Elkaf Rahmawan Pramudya,M.Kom yang menyatakan, tujuan dari dilaksanakannya pengabdian adalah memberikan pemahaman kepada UMKM perempuan, tentang pentingnya branding produk, sekaligus melalukan pendampingan pembuatan desain logo yang bagus dan menarik untuk pemasaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, Drs. Ulfi Imran Basuki,M.Si menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya pada Udinus dan Yayasan Anantaka yang sudah berkontribusi, berkomitmen memberikan pendampingan UMKM perempuan di Kelurahan Tanjungmas.

“Sangat membantu untuk mendukung program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak," tandasnya.

Meningkatkan Target
Direktur Yayasan Anantaka, Tsaniatus Solihah yang akrab dipanggil Ika mengatakan, pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kualitas UMKM perempuan sehingga mereka bisa meningkatkan target penjualan dan pendapatannya.

“Partisipasi masyarakat menjadi modal utama dalam mengembangkan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, sesuai dengan mandat UUPA Pasal 72 bahwa masyarakat berperan serta dalam perlindungan perempuan dan anak baik secara personal maupun kelompok. Selaras dengan slogan Kota Semarang ‘Bergerak Bersama’ bahwa perlindungan perempuan dan anak bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga msayarakat penting untuk berpartisipasi. Pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kualitas UMKM perempuan sehingga mereka bisa meningkatkan target penjualan dan pendapatan, “ tandasnya.

Ditambahkan, kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak adalah Kelurahan yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan sesuai visi pembangunan Indonesia.

Indikator
Ada 10 indikator yang menjadi ukuran Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak. Lima indikator terkait dengan kelembagaan yaitu Pengorganisasian Perempuan dan Anak di Kelurahan, Tersedianya data desa yang memuat data pilah perempuan dan anak, Tersediaanya peraturan Desa tentang KRPPA, Tersediaannya Pembiayaan dari keuangan desa dan pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan KRPPA melalui Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Desa, dan Presentasi keterwakilan perempuan dipemerintahan Desa.
Lima indikator yang lain yaitu tentang Perempuan dan Anak yang merupakan 5 Arahan Presiden yaitu Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan, Peningkatan Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Penurunan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Penurunan Pekerja Anak dan Pencegahan Perkawinan Anak

Percontohan
Pemerintah Kota Semarang telah menunjuk 2 kelurahan yaitu Kelurahan Petompon dan Kelurahan Tanjungmas sebagai percontohan KRPPA di Kota Semarang yang telah didampingi sejak November 2021. “Banyak program dan upaya yang sudah dilakukan untuk memenuhi indikator KRPPA, mulai dari membuat kebijakan, penyediaan anggaran, pengembangan layanan ramah perempuan dan anak dan program pencegahan yang dilakukan terkait dengan 5 Arahan Presiden yang sekaligus sebagai indikator KRPA,” kata Tsaniatus Sholihah. (humaini)

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Perahu Hias Nelayan

Sabtu, 17 September 2022 | 20:52 WIB

Hendi Kawal Penyaluran BLT BBM di Kota Semarang

Rabu, 14 September 2022 | 21:01 WIB
X