• Minggu, 25 September 2022

Gelombang Tinggi Ancam Laut Jawa Tengah, Warga Pesisir Karimunjawa, Jepara, Pati dan Rembang Diminta Waspada

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:22 WIB
Gelombang Tinggi Ancam Laut Jawa Tengah, Warga Pesisir Karimunjawa, Jepara, Pati dan Rembang Diminta Waspada (Ilustrasi)
Gelombang Tinggi Ancam Laut Jawa Tengah, Warga Pesisir Karimunjawa, Jepara, Pati dan Rembang Diminta Waspada (Ilustrasi)

SMOL.ID - Gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi selama dua hari 30 -31 Juli 2022 di perairan Kalimantan Tengah bagian barat dan Laut Jawa bagian tengah.

Warga tinggal di pesisir, Laut Jawa bagian tengah seperti Karimunjawa, Jepara, Pati dan Rembang diminta untuk waspada gelombang tinggi itu.

BMKG Stasiun Maritim Tanjung Emas Semarang dalam rilisnya menyebutkan, BMKG mengeluarkan peringatan dini di beberapa perairan berlaku Sabtu 30 - Minggu 31 Juli 2022.

Bahwa dalam dua hari tersebut berpotensi terjadi gelombang tinggi dalam kategori sedang di perairan Kalimantan Tengah baian barat dan Laut Jawa bagian tengah. Ketinggian gelombang mencapai 3 meter.

Baca Juga: Warga dan Nelayan Pantai Selatan Diminta Waspada Adanya Gelombang Tinggi

Sedangkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-25 Knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot," jelasnya.

Sementara, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan selatan Jabar hingga Jatim, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Perairan Kep Sermata hingga Kep Tanimbar, Perairan Kep Kai hingga Kep Aru dan Laut Arafuru.

Baca Juga: Diperkirakan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Akan Muncul Kembali

Dengan kondisi itu, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti Perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry dan kapal kargo atau pesiar.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.***

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Perahu Hias Nelayan

Sabtu, 17 September 2022 | 20:52 WIB

Hendi Kawal Penyaluran BLT BBM di Kota Semarang

Rabu, 14 September 2022 | 21:01 WIB
X