• Senin, 15 Agustus 2022

Roy Suryo Ditahan, Polisi Sita Akun Twitter dan HP

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 05:20 WIB
Roy Suryo Ditahan, Polisi Sita Akun Twitter dan HP (IST)
Roy Suryo Ditahan, Polisi Sita Akun Twitter dan HP (IST)

SMOL.ID - Selain melakukan penahanan, penyidik Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya juga menyita akun Twitter dan handphone milik Roy Suryo.

Penyitaan dilakukan sebagai bukti atas kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam konferensi pers Jumat malam 5 Agustus 2022 mengatakan, akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang digunakan Roy Suryo untuk mengunggah meme mengandung unsur pidana telah disita.

Baca Juga: Alasan Polisi Akhirnya Menahan Roy Suryo

Sebelumnya, Roy Suryo yang mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokowi itu tidak ditahan dengan alasan tidak jelas. Polisi mengatakan, tidak melakukan penahanan terhadap Roy Suryo atas pertimbangan penyidik.

Namun, kritikan dan kekecewaan publik terutama dari kalangan umat Buddha membuat Polda Metro Jaya kembali memeriksa Roy Suryo dan memutuskan melakukan penahanan mulai Jumat malam 5 Agustus 2022 hingga 20 hari kedepan.

Salah satu alasan penahanan Roy Suryo karena khawatir Roy Suryo akan menghilangkan barang bukti.

"Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP," ungkap Endra Zulpan.

Baca Juga: Roy Suryo Resmi Ditahan Kasus Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Perwakilan umat Buddha sempat mengaku kecewa karena Roy Suryo tidak ditahan. Bahkan, beredar video Roy Suryo ikut touring klub Mercy. Padahal Roy Suryo berstatus sebagai tersangka kasus penistaan agama.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bambang Pacul: Koalisi Partai Hal Biasa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:06 WIB

Kementrian ESDM Dorong Program Konversi BBM ke BBG

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:56 WIB
X