• Selasa, 9 Agustus 2022

Ribuan Pekerja Migran Indonesia Ilegal di Malaysia Mulai Dipulangkan

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:56 WIB
Ribuan Pekerja Migran  Indonesia Ilegal di Malaysia Mulai Dipulangkan (Ilustrasi/PR)
Ribuan Pekerja Migran Indonesia Ilegal di Malaysia Mulai Dipulangkan (Ilustrasi/PR)

SMOL.ID - Setidaknya ada 3.200 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Malaysia bakal dipulangkan ke Tanah Air.

Ribuan migran itu masuk ke Malaysia secara ilegal tidak sesuai prosedur. Parahnya, keberadaan mereka di Malaysia mengalami beragam kasus, seperti penganiayaan maupun eksploitasi.

Pemulangan para pekerja migran itu dilakukan secara bertahap, tahap pertama telah memulangkan 190 orang dan telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis malam 4 Agustus 2022.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan, pihaknya memfasilitasinya kepulangan pekerja migran ilegal dari Malaysia itu, mulai dari pesawat, pemeriksaan kesehatan hingga menghantarkannya kekampung halaman.

Baca Juga: Kemlu Dalami Laporan 18 WNI Pekerja Migran Meninggal di Rutan Malaysia Diduga Alami Penyiksaan

Benny mengakui, para pekerja migran yang dipulangkan tersebut mengalami beragam kasus, seperti penganiayaan, eksploitasi hingga mengidap penyakit keras.

"Iya mereka berangkat secara tidak resmi (ilegal, Red). Tapi kita telah komitmen merah putih, apa pun kesalahan mereka akan kita lindungi. Akhirnya, mereka kami fasilitasi pemulangannya kembali ke Tanah Air," kata Benny, Jumat 5 Agustus 2022.

Saat ini terdapat 3.200 warga Indonesia yang bermasalah akan menjalani deportasi dari Malaysia. Namun, pemerintah belum bisa memulangkan semua dalam waktu dekat lantaran harus melalui berbagai prosedur di negara itu.

"190 orang ini merupakan kepulangan perdana. Ratusan orang itu masuk dalam 3.200 orang yang akan dipulangkan dalam kurun waktu 2022 ini. Artinya secepatnya akan dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X