• Selasa, 27 September 2022

DPRD DIY Desak Pemda Percepat Akses Vaksinasi Booster Bagi Warga

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:13 WIB
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dan Dr Yuni Satia Rahayu. (Foto : Smol.id/dok)
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dan Dr Yuni Satia Rahayu. (Foto : Smol.id/dok)

SMOL.ID - Vaksinasi booster untuk kelompok remaja maupun lansia di Yogyakarta, masih rendah. Untuk itu, pelayanan kesehatan booster perlu terus digalakkan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus jahat Covid-19 di Kota Pendidikan yang sekaligus sebagai daerah kunjungan wisata ke dua setelah Pulau Dewata.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam rilisnya yang diterima Smol.id, Sabtu (6/8) petang. Intinya, Komisi A DPRD DIY mendorong pemda segera memberikan akses kesehatan vaksinasi booster bagi remaja dan lansia.

Baca Juga: DPRD DIY Apresiasi Langkah Gubernur DIY, Bebastugaskan Kepsek dan 3 Guru SMAN 1 Banguntapan

"Anggaran culup memadai, kalau booster ke-4 untuk nakes sudah, prioritas untuk remaja, lansia dan pelayanan umum penting guna pencegahan dampak Covid-19," ujar Eko Suwanto, bersama Dr Yuni Satia Rahayu sama-sama dari Fraksi PDI Perjuangan.

Lebih lanjut Eko Suwanto, Komisi A DPRD DIY menyampaikan dalam waktu delat pihaknya akan segera mengundang instansi terkait untuk percepatan akses pelayanan vaksinasi bagi warga DIY sebagai langkah pencegahan.

"Untuk anggaran ada Rp 64 M, Minggu depan undang instansi BPBD dan instansi terkait dorong pemanfaatan BTT. Kita masih hadapi Covid,'' katanya.

''Penanganan erupsi Merapi, juga bencana hidrometrologi seperti angin lesus, longsor dan lain-lain," tambah Eko Suwanto, yang juga duduk sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan, Kota Yogyakarta.

Sebagai wilayah tujuan belajar dan wisata, DIY memang harus lebih siap antisipasi aneka bencana yang ada. Harapannya dengan program pelayanan publik yang baik, termasuk vaksinasi booster, orang dan masyarakat nyaman berkunjung ke Yogyakarta.

"Kondisi di lapangan kita pahami, sudah tidak disiplin protocol kesehatan, cek suhu dan lain lain. Kita harus akrif mencegah postif Covid-19. Beberapa hal penting, percepatan vaksinasi booster, bekerja sama dengan nakes, dinkes, Dikpora, BIN, BPBD penting untuk jalankan langkah pencegahan," kata Eko Suwanto.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UNS Mulai Penjaringan Calon Rektor Baru Periode 2023-2028

Selasa, 27 September 2022 | 18:54 WIB

Asosiasi PHRD Jateng Adakan Talk Show di Saloka Park

Selasa, 27 September 2022 | 17:27 WIB

Ganjar Ajak Mahasiswa Dampingi Pembagian Bantuan

Selasa, 27 September 2022 | 15:17 WIB

Yogyakarta Bakal Banyak Melahirkan Pemimpin Bangsa

Senin, 26 September 2022 | 20:43 WIB

Tuntutan Jaksa Tidak Menggambarkan Fakta Persidangan

Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB
X