• Selasa, 27 September 2022

Kemenag segera Rekrut New Teacher Madrasah Skema PPG Prajabatan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:30 WIB
Kemenag segera Rekrut New Teacher Madrasah Skema PPG Pra Jabatan (Ilustrasi)
Kemenag segera Rekrut New Teacher Madrasah Skema PPG Pra Jabatan (Ilustrasi)

SMOL.ID - Kementerian Agama (Kemenag) segera merekrut guru baru atau new teacher yang profesional dalam mengaar di madrasah.

Guru baru atau new teacher untuk mengajar di madrasah yang profesional diperlukan untuk menjawab tantangan zaman dengan dimensi pekerjaan serba cepat dan efisien.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah mengatakan, rencana itu akan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: DPRD DIY Apresiasi Langkah Gubernur DIY, Bebastugaskan Kepsek dan 3 Guru SMAN 1 Banguntapan

“Saat ini kita perlu merekrut guru baru (new teacher) yang profesional, yaitu dengan skema PPG prajabatan. Upaya ini sebagai langkah untuk menjawab tantangan zaman dengan dimensi pekerjaan yang serba cepat dan efisien,” ungkap Zain saat Workshop Koordinasi Nasional Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dan Pelatihan Tendik Madrasah Zona 2 di Denpasar, beberapa hari lalu.

Yang dimaksud dengan new teacher menurut Zain adalah memenuhi indikator yang ditentukan, seperti,

Pertama profesional,
Kedua memiliki kecakapan yang baik dalam mentransfer ilmu pengetahuan menguatkan pendidikan karakter,
Ketiga, memilki wawasan teknologi dan informasi dalam melakukan pembelajaran.

Baca Juga: Ganjar: Penghapusan Guru Honorer Harus Bertahap, Pertimbangkan Persebaran Guru

“Para guru juga harus memiliki jiwa moderat yang ditularkan kepada para siswa. Oleh karenanya para guru harus mampu menularkan semangat moderasi beragama kepada para siswa dengan beberapa sikap yaitu besikap inklusif dalam beragama, toleransi dalam kemajemukan, dan berwawasan kebangsaan,” jelasnya.

Dikatakan Zain, salah satu prioritas Rencana Strategis Kemenag dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan. Hal itu dilaksanakan melalui skema program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).***

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X