• Selasa, 27 September 2022

Ribuan Orang Berebut Banyu Enceh

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:28 WIB
Ribuan orang saling berebut banyu enceh di Makam Raja-raja Mataram Hastorenggo Jimatan Imogiri, Kabupaten Bantul. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)
Ribuan orang saling berebut banyu enceh di Makam Raja-raja Mataram Hastorenggo Jimatan Imogiri, Kabupaten Bantul. (Foto : Smol.id/Rangga Permana)

SMOL.ID - Ribuan orang saling berebut banyu enceh pada upacara nguras enceh di Makam Raja-raja Mataram, Hastorenggo, Jimatan, Imogiri, Kabupaten Bantul, Jumat, 13 Agustus 2022.

Ritual nguras banyu enceh (gentong) yang dilakukan Selasa atau Jumat Kliwon pertama bulan Suro itu di mulai pukul 08.00 WIB berlangsung meriah namun khidmad.

Ribuan orang yang ingin mencari banyu enceh (air gentong) bisa terpenuhi berkat kerja baik para abdi dalem yang mengatur pendistribusian banyu enceh tersebut.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Kompos Masuk Jurang di Bukit Bego Bantul

Nguras banyu enceh Keraton Yogyakarta dipimpin abdi dalem carik KRT Rekso Nitidisastro. abdi dalem yang dituakan di Makam Raja-raja Mataram Keraton Yogyakarta.

Sementara untuk Keraton Kartasura dipimpin Raden Tumenggung Wiro Dipuro abdi dalem yang dituakan di Makam Raja-raja Mataram Hastorenggo, Imogiri,un untuk Keraton Surakarta.

Meski jaman terus berkembng, namun upacara Nguras Enceh setiap bulan Suro yang menjadi salah satu upacara adat di Yogyakarta masih dipertahankan.

Bersamaan dengan upacara Nguras Enceh Keraton Yogyakarta, juga menggelar upacara membersihkan kereta kencana yang dilakukan di Museum Kereta keraton setempat.

Upacara Nguras Enceh ini, memiliki makna membersihkan diri dari pikiran dan hati yang kotor. Dengan harapan, kedepannya bisa melangkah lebih baik lagi dari gempuran jaman yang semakin ketat.

Sebagai upacara adat, Nguras Enceh dilakukan setiap hari Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon pada Kliwon pertama setiap bulan Sura.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Asosiasi PHRD Jateng Adakan Talk Show di Saloka Park

Selasa, 27 September 2022 | 17:27 WIB

Ganjar Ajak Mahasiswa Dampingi Pembagian Bantuan

Selasa, 27 September 2022 | 15:17 WIB

Yogyakarta Bakal Banyak Melahirkan Pemimpin Bangsa

Senin, 26 September 2022 | 20:43 WIB

Tuntutan Jaksa Tidak Menggambarkan Fakta Persidangan

Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB
X