• Selasa, 27 September 2022

Akhirnya Camat Jatiyoso Cabut Surat Peringatan Pada Kades Petung

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.
Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

SMOL.ID – Setelah diklarifikasi pimpinan DPRD Karanganyar perihal surat peringatan pada Kades Petung Dwi Santoso yang dilaporkan memakai atribut partai, yang dinilai berlebihan, Camat Jatiyoso Heru Joko Sulistyono akhirnya mencabut surat peringatan tersebut melalui berita acara nomor 770/522/2022. Secara resmi surat peringatan itu dianggap tidak ada.

‘’Saya menyampaikan apresiasi kepada Camat Jatiyoso yang cepat tanggap karena surat peringatan itu berpotensi menimbulkan kegaduhan politik yang menjadikan suasana tidak kondusif. Sekaligus pencabutan itu merupakan pelurusan pemahaman terhadap asas netralitas kades,’’ kata Ketua DPRD Bagus Selo pada smol.id, Jumat (12/8).

Sebagaimana diwartakan, kades Petung dilaporkan menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan PDIP, dan dia berpakaian lengkap atribut lengkap partai itu. Karen dinilai melanggar asas netralitas kades, dia diberi surat peringatan.alagi saat ditanya, kades Petung mengakui sebagai pengurus.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Karanganyar Tegur Camat Jatiyoso dan Jatipuro Soal SP Kades Petung

Namun setelah surat peringatan itu keluar, Ketua DPRD Bagus Selo yang juga Ketua DPC PDIP membantah pengakuan kades Petung itu. Dia mengatakan, kades Petung ada dalam tekanan saat menjawab soal pengurus PDIP itu. Kenyataannya dia tidak masuk dlam struktur resmi pengurus PDIP yang ditulis di Surat Keputusan.

Berita acara pencabutan surat peringatan kades Petung.

Akan halnya kejadian itu, pimpinan DPRD yang juga pengurus parpol mengklarifikasi Camat Jatiyoso dan berakhir dengan teguran resmi Camat Jatiyoso dan Camat Jatipuro soal pemahaman asas netralitas yang keliru. Sebab yang tercantum di UU Desa dan PP adalah saat kades secara resmi dan tercantum di SK sebagai pengurus parpol. Bukan kapasitas sebagai anggota biasa, apalagi simpatisan atau penggembira.

Malah wakil ketua DPRD dari Partai Golkar mengatakan, saat ini mana ada kades yang tidak memiliki afiliasi politik. Semua pasti memiliki afiliasi politik. Kalau afiliasi politik disalahkan maka semua salah. Karena itu dia juga mendukung saat klarifikasi pada Camat Jatiyoso itu.

Baca Juga: Kurniadi Maulato Wakili Pemda Jadi Komisaris Utama Bank Daerah Karanganyar

Dan sekarang masalah menjadi terang benderang dan kades tidak perlu merasa salah jika hadir ke acara parpol. Apalagi kades juga milik semua parpol, dalam kapasitas sebagai kades. Sama dengan Bupati, Gubernur atau Presiden sekalipun.(joko dh)

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Asosiasi PHRD Jateng Adakan Talk Show di Saloka Park

Selasa, 27 September 2022 | 17:27 WIB

Ganjar Ajak Mahasiswa Dampingi Pembagian Bantuan

Selasa, 27 September 2022 | 15:17 WIB

Yogyakarta Bakal Banyak Melahirkan Pemimpin Bangsa

Senin, 26 September 2022 | 20:43 WIB

Tuntutan Jaksa Tidak Menggambarkan Fakta Persidangan

Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB
X