• Jumat, 29 September 2023

Polisi Terlibat Kasus Rekayasa Kematian Brigadir J Nambah 4 Orang

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:57 WIB
Polisi Terlibat Kasus Rekayasa Ferdy Sambo terkait Kematian Brigadir J Nambah 4 Orang (IST/PR)
Polisi Terlibat Kasus Rekayasa Ferdy Sambo terkait Kematian Brigadir J Nambah 4 Orang (IST/PR)

SMOL.ID - Bareskrim Polri menetapkan empat anggota polisi berpangkat perwira menengah (pamen) melanggar etik dan tidak profesional dalam penanganan kasus Brigadir J.

Empat pamen itu kini ditahan di tempat khusus (patsus) sama seperti 12 anggota polisi lainnya.

Dengan bertambahnya 4 orang, maka total jumlah anggota polisi yang ditahan berjumlah 16 orang termasuk Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, empat orang yang dipatsuskan merupakan perwira menengah Polda Metro Jaya. Tiga berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan satu berpangkat Komisaris Polisi (Kompol). Empat anggota polisi berpangkat pamen itu dikurung di patsus Provos Mabes Polri.

Baca Juga: Bharada E dijanjikan Rp 1 Miliar Bonus Bunuh Brigadir J

"Dari hasil pemeriksaan dan gelar perkara, ditetapkan empat pamen PMJ terdiri tiga AKBP dan 1 kompol. Manjalankan patsus Biro Provos Mabes Polri," jelas Dedi, Sabtu 13 Agustus 2022.

Jumlah total anggota Polis yang ditahan seluruhnya 16 orang, eman berada di rutan Mako Brimob dan 10 di Provos Mabes Polri.

"Jumlah sampai hari ini 16 orang telah ditempatkan di tempat khusus (patsus): 6 orang di Mako dan 10 orang di Provos," ujarnya.

Seperti diketahui, Polri menetapkan 4 tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Empat tersangka salah satunya mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Ferdy Sambo menjadi otak pembunuhan Brigadir J yang merupakan ajudannya.

Baca Juga: 11 Tamtama Hingga Jenderal Dikurung Gara-gara Kasus Pembunuhan Brigadir J

Selain Ferdy Sambo tiga tersangka lainnya yakni Bharada Richard Eliezer (RE), Brigadir Ricky Rizal (RR), dan Kuat Ma'ruf (KM).

Dalam kasus tersebut, Ferdy Sambo merekayasa seolah terjadi baku tembak sehingga Brigadir J tewas. Namun dalam perkembangannya, Bharada E memilih mengungkap semuanya. Bhahwa tidak pernah terjadi tembak menembak seperti disampaikan Ferdy Sambo.***

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Buka Seleksi PPPK 2023, Ini Informasi Lengkapnya

Rabu, 27 September 2023 | 22:35 WIB
X