• Minggu, 25 September 2022

Din Syamsuddin Enggan Bicara Capres Ideal, Tunggu Verifikasi Partai Pelita Lolos atau Tidak

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 22:54 WIB
Din Syamsuddin Enggan Bicara Capres Ideal, Tunggu Verifikasi Partai Pelita Lolos atau Tidak (IST/PR)
Din Syamsuddin Enggan Bicara Capres Ideal, Tunggu Verifikasi Partai Pelita Lolos atau Tidak (IST/PR)

SMOL.ID - Ketua MPP Partai Pelita Din Syamsuddin enggan bicara kriteria calon presiden (capres) calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusungnya.

Din Syamsuddin lebih memilih wait and see, hasil verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) apakan Partai Pelita lolos sebagai peserta Pemilu 2024 atau tidak.

Menurutnya, Partai Pelita pertama akan menunggu hasil verifikasi KPU agar bisa menjadi peserta Pemilu 2024. Jadi, untuk saat ini belum berbicara tentang target dan kriteria capres ideal.

"Insyaallah segera setelah pada 14 Desember yang akan datang ada pengumuman KPU kami dinyatakan sebagai partai peserta pemilu baru kami kemudian akan berlari cepat," tutur Din Syamsuddin di Kantor KPU Jalan Imam Bonjor, Jakarta Pusat, Sabtu 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Kritik Aturan Ambang Batas Parlemen dan Presiden, Din Syamsuddin: Tidak Fair Tidak Adil

Namun, menurutnya ada hambatan bagi Partai Pelita untuk bisa mengusung capres-cawapres sesuai kriterianya. Hambatannya adalah presidential treshold 20 persen. Dia menyebut presidential threshold dan parliamentary threshold tidak mungkin bisa dipenuhi partai-partai baru seperti Partai Pelita besutannya.

Karena itu, pihaknya akan memantau pergerakan Partai Pelita ke depannya. Seperti salah satunya  mengarahkan Partai Pelita untuk berkoalisi dengan partai lain yang memiliki komitmen sejalan.

"Kita terbuka dengan partai manapun selama memiliki visi misi dan komitmen yang sama. Saya dorong DPP berkoalisi sesuai dengan ajaran Islam. Yaitu, koalisi sehat, koalisi baik dan benar. Bukan koalisi jahat. Kalau ada persengkokolan jahat ini yang meruntuhkan harkat dan martabat bangsa," tuturnya.

Baca Juga: Hari Ini 6 Parpol Bakal Daftar Pemilu 2024 ke KPU, Salah Satunya Partai Buruh

Sementara itu. Ketua Umum Partai Pelita Beni Pramula mengatakan, data yang diinput partainya di Sipol sudah lengkap dan memenuhi syarat. Dia optimis bisa menjadi peserta Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X