• Selasa, 27 September 2022

Rapsodia Nusantara Meriah, Ganjar: Kita Tunjukkan Pentingnya Persatuan Melalui Kolaborasi Ini

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:41 WIB
Rapsodia Nusantara Meriah, Ganjar: Kita Tunjukkan Pentingnya Persatuan Melalui Kolaborasi Ini.
Rapsodia Nusantara Meriah, Ganjar: Kita Tunjukkan Pentingnya Persatuan Melalui Kolaborasi Ini.

SMOL.ID - Panggung megah Rapsodia Nusantara dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah dan HUT ke-77 Republik Indonesia di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, berlangsung meriah, Sabtu (13/8/2022) malam.

Perpaduan antara lagu-lagu nasional, lagu-lagu nusantara, lagu populer dan karya musik terbaru dalam balutan musik orkestra berhasil membius ribuan penonton.

Pertunjukan yang mengawinkan musik kolintang, gamelan, dan unsur orkestra dengan komposer Dwiki Dharmawan itu sedianya dimulai pukul 19.00. Hujan dan gerimis terpaksa menunda pertunjukan hingga pukul 21.30.

Baca Juga: Jateng Solar Province Terus Dikampanyekan Pada Masa Kepemimpinan Ganjar - Taj Yasin

Spesialnya, kolaborasi pertama di tanah air antara kolintang, gamelan, dan orkestra tidak ditinggalkan oleh penonton. Riuh rendah penonton justru pecah saat para personel World Peace Orchestra, Gamelan Soepra, dan Kolintang Gratia satu persatu memasuki panggung. 

Rintik gerimis masih turun saat lagu Indonesia Raya berkumandang sebagai tanda pertunjukan dimulai. Riuh penonton kembali menggelar setelah suara emas Andi /rif menggema dengan lagu "Bangun Pemudi Pemuda". Disusul dengan penampilan dari penyanyi Dira Sugandi.

Selain Andi /Rif dan Dira Sugandi, sejumlah musisi lintas genre juga ikut berkolaborasi. Di antaranya Gabriel Harvianto, Filda.C.Wibowo, dan Nano Tirto. Lalu ada grup musik NDX AKA dan penyanyi Sruti Respati sebagai perwakilan dari Jawa Tengah dalam konser tersebut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, konser Rapsodia Nusantara di Kelenteng Sam Poo Kong tersebut sudah lama ia nantikan. Pertunjukan ini merupakan kolaborasi musik yang sangat menarik karena memadukan antara musik kolintang, gamelan, dan orkestra.

Baca Juga: Hari Jadi Jateng 72, Ganjar Gelar Konser Rapsodia Nusantara di Sam Poo Kong

"Saya sudah menanti betul acara ini. Ini kolaborasi musik yang menarik. Tradisional ada, kolintang ada, gamelan disiapkan, yang modern juga. Maka ini kita melihat konser yang sangat menarik di sekitar lingkungan Sam Poo Kong yang keren. Mudah-mudahan semuanya terhibur," katanya saat menyapa secara daring.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Ajak Mahasiswa Dampingi Pembagian Bantuan

Selasa, 27 September 2022 | 15:17 WIB

Yogyakarta Bakal Banyak Melahirkan Pemimpin Bangsa

Senin, 26 September 2022 | 20:43 WIB

Tuntutan Jaksa Tidak Menggambarkan Fakta Persidangan

Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB
X