• Minggu, 25 September 2022

Senin Besok, Deolipa Bakal Gugat Bharada E dan Bareskrim Gara-gara Kuasa Pengacara Dicabut

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:58 WIB
Senin Besok, Deolipa Bakal Gugat Bharada E dan Bareskrim Gara-gara Kuasa Pengacara Dicabut (IST/PR)
Senin Besok, Deolipa Bakal Gugat Bharada E dan Bareskrim Gara-gara Kuasa Pengacara Dicabut (IST/PR)

SMOL.ID - Deolipa Yumara akan mengajukan gugatan meteriil dan formil terhadap pencabutan surat kuasa dirinya sebagai pengacara Bharada E atau Richard Eliezer.

Pihak yang tergugat dalam hal ini, Bharada E selaku orang yang telah mencabut kuasa sebagai pengacara dan juga Bareskrim Polri serta beberapa pihak lainnya.

"Saya mengajukan uji materiil dan formil terhadap pencabutan surat kuasa, yang saya gugat Bharada E, pengacaranya, negara, Bareskrim dan para tergugat lainnya," kata Bharada E, di Jakarta, Sabtu 13 Agustus 2022.

Rencananya gugatan itu, akan dilayangkan Senin 15 Agustus 2022 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Baca Juga: Profil Lengkap Deolipa Yumara, Pengacara Bharada E yang saat Ini Diberhentikan

Deolipa mengatakan dirinya memiliki hak retensi. Dia menyebut hak retensi itu sebagai hak untuk menahan dokumen hukum hingga cerita dari klien.

"Surat kuasa adalah surat yang sifatnya para pihak, pemberi kuasa (dan) penerima kuasa, pemberi kuasa mencabut, penerima kuasa mempunyai hak retensi, hak menahan semua keadaan, baik dokumen hukum, baik bukti-bukti, baik cinta, baik perasaan, baik cerita," kata Deolipa.

"Sebelum kita ngasih itu (bukti-bukti), pengacara baru harusnya tidak boleh menceritakan apa pun juga karena semua itu masih hak kami, makanya saya mau gugat," sambungnya.

Deolipa juga mengancam akan melapor ke Peradi terkait pencabutn surat kuasa sebagai pengacara Bharada E. Sesuai kode etik, harusnya pengacara baru juga menemui dirinya.

Pengacara baru harusnya tahu kode etik profesi. Jika melanggar harusnya dia dicoret dari profesi pengacara.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X