• Rabu, 7 Desember 2022

Paling Dipilih Gen Z dan Milenial, Elektabilitas Ganjar Teratas Versi Survei CSIS

- Senin, 26 September 2022 | 21:47 WIB
Paling Dipilih Gen Z dan Milenial, Elektabilitas Ganjar Teratas Versi Survei CSIS (Ilustrasi)
Paling Dipilih Gen Z dan Milenial, Elektabilitas Ganjar Teratas Versi Survei CSIS (Ilustrasi)

SMOL.ID - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menggelar survei tingkat elektabilitas tiga tokoh calon presiden (capres) pada pemilih katagori gen Z dan milenial usia 17-39 tahun.

Tiga capres yang disurvei tingkat eletabilitasnya oleh CSIS pada pemilih kategri gen Z adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Hasil dari survei CSIS terhadap tingkat elektabilitas tiga capres pada pemilih kategori gen Z milenial usia 17 - 30 tahun adalah nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan di bawahnya.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes mengatakan, adapun hasil survei tersebut menyebutkan elektabilitas Ganjar ada di kisaran 33,3 persen. Sedangkan Anies 27,5 persen dan Prabowo 25,7 persen.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Diperiksa KPK Tak Pengaruhi Elektabilitas

Selain pada pemilih gen Z dan mileniar, elektabilitas Ganjar juga berada di urutan teratas dalam simulasi 7 nama dengan tambahan sejumlah tokoh.

Beberapa di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Pada simulasi 7 nama ini elektabilitas Ganjar berada di angka 26,9 persen. Kemudian diikuti Prabowo dengan 20,1 persen, dan disusul tipis oleh Anies dengan 19,9 persen," bebernya.

Sementara pada simulasi 14 nama, kata Arya, Ganjar kembali berada di urutan teratas survei elektabilitas dengan jumlah 25,9 persen.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X