• Rabu, 7 Desember 2022

Ketua MA Minta Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Baca Kembali Pakta Integritas, Usai Sudrajad Dimyati Ditahan KPK

- Selasa, 27 September 2022 | 12:59 WIB
Ketua MA Minta Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Baca Kembali Pakta Integritas, Usai Sudrajad Dimyati Ditahan KPK (YRZ)
Ketua MA Minta Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Baca Kembali Pakta Integritas, Usai Sudrajad Dimyati Ditahan KPK (YRZ)

SMOL.ID - Penetapan tersangka dan penahanan terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan beberapa staf serta panitera pengganti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin sedih.

Syarifuddin pun kemudian mengumpulkan seluruh pimpinan, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc dalam sebuah ruangan buntut dari penetapan tersangka dan penahanan terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan beberapa staf serta panitera pengganti oleh KPK.

Syarifuddin meminta para pimpinan, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc agar melihat kejadian Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan beberapa staf serta panitera pengganti yang ditangkap dan ditahan KPK dan meminta agar membaca kembali pakta integritas saat mereka dilantik.

“Kita semua bersedih, kecewa, geram dengan kejadian ini. Sungguh ini musibah yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Namun, kesedihan, kepiluan, kekecewaan ini tidak boleh membuat kita lalai, tapi harus membuat kita melihat ke depan. Kita harus pandai mengambil hikmah dari musibah ini.” tandas Syarifuddin seperti dikutip dari laman MA, Selasa 27 September 2022.

Di hadapan para piminan Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc, Syarifuddin meminta mereka membaca kembali pakta integritas yang pernah mereka ucapkan dulu saat dilantik.

Baca Juga: Jokowi Minta Menko Polhukam Reformasi Hukum Yudikatif, Buntut Jual Beli Perkara di MA

"Baca kembali pakta integritas yang pernah diucapkan saat dilantik. Ini bertujuan untuk menguatkan kembali komitmen bersama dalam menegakkan hukum dan keadilan di Republik Indonesia." kata Syarifuddin.

Dalam pertemuan itu, Syarifuddin tak lupa meminta seluruh Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, dan Hakim Ad Hoc hadir dengan menggunakan baju toga lengkap seperti saat mereka dilantik dulu.

Ia berharap, dengan cara mengajak bersama-sama mengucapkan pakta integritas dapat mengingatkan kembali komitmen untuk menegakkan hukum dan keadilan dengan selurus-lurusnya.

“Ini merupakan momen yang tepat untuk kita kembali memperkuat kembali komitmen yang pernah kita ucapkan ketika kita dilantik apakah itu sebagai Pimpinan Mahkamah Agung, sebagai Hakim Agung atau Hakim Ad Hoc,” kata Sarifuddin.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X