• Sabtu, 10 Desember 2022

Pemenang Lomba Krenova Dibantu Daftar HAKI Supaya Tidak Kedahuluan Daerah Lain

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:48 WIB
Wabup Rober Christanto menyaksikan pemenang lomba krenova yang nantinya akan didaftarkan ke HAKI.
Wabup Rober Christanto menyaksikan pemenang lomba krenova yang nantinya akan didaftarkan ke HAKI.

SMOL.ID – Pemenang lomba krenova (kreatif dan inovatif) didorong segera mendaftarkan produknya ke Kemenkumham untuk mendapatkan HAKI (hak kekayaan intelektual) untuk mematenkan produknya agar tidak kedahuluan daerah lain yang memiliki produk serupa.

Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto didampingi Kepala Baperlitbang Dwi Cahyono usai menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba krenova Karanganyar mengatakan perlunya hal itu. Sebagai penghargaan kekayaan intelektual.

‘’Kasus tahun lalu, pemenang krenova Karanganyar ternyata kedahuluan didaftarkan HAKI oleh daerah lain. Pemenang krenova tidak bisa berbuat apa-apa karena memang produknya senada. Bisa jadi saat pengumuman krenova mereka melihat kemudian meniru dan langsung didaftarkan HAKI,’’ kata Wabup, Kamis (6/11).

Berkaca dari peristiwa itu, Baperlitbang bergerak cepat. Sebelum pengumuman sudah didatangkan staf Kemenkumham untuk menyosialisasikan pentingnya HAKI. Dan Baperlitbang berjanji akan membantu mereka mengurus kekayaan intelektual itu sehingga aman jika diproduksi masal.

Saat pengumuman lomba krenova, terlihat produk inovatif warga Karanganyar. Ada 60 peserta dan 61 karya yang diikutsertakan. Ada 34 peserta dari masyarakat umum dan 26 karya pelajar. Dan pemenangnya cukup luar biasa.

Ada kompor ventura yang memperbesar api untuk memasak sehingga sangat berguna untuk chef hotel maupun restoran. Sistem yang digunakan cukup sederhana yakni dengan menggunakan sistem karburator yang bisa menyatukan api sehingga lebih besar nyalanya.

Produk lain adalah mesin untuk membuat ukiran kayu, yang ternyata bisa membuat indah produk sangkar burung. <esin pengolah blok kayu itu bisa menghasilkan ukiran dalam durasi detik. Sehingga mempersingkat pembuatan sangkar burung yang indah.

Produk warga Jatirejo, Kerjo itu sudah dimasyarakatkan, dan kini pesanan sangkar burung sudah merambah keluar jawa, dengan jumlah ribuan. Produsennya sampai kewalahan menerima pesanan sangkar burung.

Ada lagi sistem penutup pintu keretya otomatis dengan sistem sensor yanfg sangat berguna untuk PT KAI untuk perlintasan tanpa penjaga. Sebab penutup atau palang kereta akan menutup sendiri mulai jarak dua kilo.

Ada pula pelatihan digital bagi ibu-ibu rumah tangga yang gemar memproduksi makanan atau hasil kerajinan. Sehingga produk mereka akan lebih cepat terpromosikan lewat dunia maya. Pelatihan sederhana itu patut dikembangkam.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Direktur PLN Didapuk Honorary Member oleh AFEO

Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:56 WIB
X