• Minggu, 5 Februari 2023

Ini Alasan Kapolri Tetapkan Dirut PT LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:31 WIB
Ini Alasan Kapolri Tetapkan Dirut PT LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan (Ilustrasi)
Ini Alasan Kapolri Tetapkan Dirut PT LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan (Ilustrasi)

SMOL.ID - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita (AHL) turut ditetapkan sebagai tersangka tragedi Kanjuruhan.

AHL dinilai lalai tak memverifikasi Stadion Kanjuruhan. Verifikasi terakhir dilakukan PT LIB terhadap Stadion Kanjuruhan pada tahun 2020.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan hasil pendalaman atas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 131 penonton, ditemukan kelalaian dilakukan diakukan AHL selaku Dirut PT LIB.

PT LIB tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan, khususnya terkait keselamatan penonton.

Baca Juga: 6 Orang Ditetapkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Berikut Nama dan Pelanggarannya

"Kita melakukan olah TKP. Berdasarkan hasil pendalaman, ditemukan bahwa PT LIB selaku penyelenggara Liga 1 tidak melakukan verifikasi terhadap Stadion Kanjuruhan," kata Kapolri, dalam jumpa pers digelar Kamis 6 Oktober 2022.

Kapolri menyebut verifikasi terakhir yang dilakukan PT LIB digelar pada 2020.

"Verifikasi terakhir dilakukan pada tahun 2020 dan ada beberapa catatan yang seharusnya dipenuhi, khususnya terkait dengan masalah keselamatan bagi penonton," ujar Kapolri.

Kapolri menyebut verifikasi Kanjuruhan tidak dikeluarkan pada 2022 dan masih merujuk verifikasi 2020. Kapolri Jenderal Sigit menyebut tak ada perbaikan atas catatan hasil verifikasi Kanjuruhan.

"Di tahun 2022 tidak dikeluarkan verifikasi dan menggunakan hasil yang dikeluarkan pada tahun 2020 dan belum ada perbaikan terhadap catatan hasil verifikasi tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelanggan KAI Access Berkesempatan Umroh Gratis

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:14 WIB
X