• Sabtu, 10 Desember 2022

TGIPF Segera Gali Penyakit PSSI Buntut Tragedi Kanjuruhan

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:26 WIB
TGIPF Segera Gali Penyakit PSSI Buntut Tragedi Kanjuruhan (IST)
TGIPF Segera Gali Penyakit PSSI Buntut Tragedi Kanjuruhan (IST)

SMOL.ID - Menko Polhukam, Mahfud Md yang ditunjuk menjadi Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan mengatakan akan menggali lebih jauh penyakit-penyakit PSSI.

Penyakit-penyakit PSSI menurutya, selama ini selalu terulang. Karenanya TGIPF akan menggali dan dijadikan rekomendasi bersifat jangka panjang.

Akar masalah di PSSI akan digali agar tidak terulang lagi seperti tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: 20 Anggota Polres Malang dan Brimob Polda Jatim Langgar Etik Terkait Tragedi Kanjuruhan

Mahfud menjelaskan, rekomendasi jangka panjang ini berkaitan dengan latar belakang, budaya, hingga regulasi PSSI. Selain itu, rekomendasi juga berupa tindak lanjut dari langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Polri.

"Yang jangka panjang yang menyangkut latar belakang, budaya, regulasi, dan sebagainya ini tim yang akan menyelesaikan kepada Presiden. Sehingga sebagian laporan tim itu sudah merupakan langkah-langkah lanjut yang dilakukan oleh Polri," kata Mahfud.

Sedangkan jangka pendek, sudah dilakukan Polri dan instansi lainnya seperti penetapan tersangka, pemecatan, renovasi stadion dan lain-lain.

Baca Juga: PSSI Hormati Keputusan Polri Tetapkan 6 Tersangka Termasuk Dirut PT LIB dari Tragedi Kanjuruhan

"Yang jangka pendek sebenarnya sudah ada jawabannya, ya itu tadi, penetapan tersangka, pemecatan, kemudian perintah renovasi stadion di seluruh Indonesia kepada PUPR. Itu yang jangka pendek," kata Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan TGIPF Tragedi Kanjuruhan nantinya juga akan berkomunikasi dengan FIFA terkait perubahan mendasar yang dilakukan terhadap PSSI.***

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kids Take Over Media untuk Belajar Kepemimpinan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:02 WIB

Direktur PLN Didapuk Honorary Member oleh AFEO

Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:56 WIB
X