• Sabtu, 10 Desember 2022

Kimia Farma Bersama BRIN Luncurkan Obat Pendeteksi Tuberculosis

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 20:36 WIB
1. Dr Jasmine Karsono (Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan) (tengah) 2. Dr Tita Puspitasari, M.Si (BRIN) (kiri) dan 3. Prof Husein (Peneliti Kedokteran Nuklir Hasan Sadikin) (kanan). (Foto : Smol.id/Rangga Permana)
1. Dr Jasmine Karsono (Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan) (tengah) 2. Dr Tita Puspitasari, M.Si (BRIN) (kiri) dan 3. Prof Husein (Peneliti Kedokteran Nuklir Hasan Sadikin) (kanan). (Foto : Smol.id/Rangga Permana)

SMOL.ID - Penderita Tuberculosis (TBC) di Indonesia, jumlanya relatif masih cukup tinggi. Bahkan berdasarkan data yang ada, di Indonesia ada sekitar 845 ribu penderita Tuberculosis.

Dengan jumlah kematian mencapai 14 ribu, jumlah ini relatif masih cukup tinggi. Namun tidak perlu khawatirkan, karena sekarang sudah ada obat untuk mendeteksi penyakit Tuberculosis (TBC) yang efektif dan akurat.

''Obat penemuan kami ini, semoga bisa menekan penderita Tuberculosis (TB),'' ujar Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan PT Kimia Farma Tbk, Dr. Jasmine Karsono pada acara Pekan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler Indonesia di Hotel Meriot Yogyakarta, Jumat, 7 Oktober 2922.

Baca Juga: Kimia Farma Ancam Pecat Karyawan Terlibat Terorisme

Lebih lanjut Dr Jasmine Karsono dengan didampingi Kepala Pusat Riset Teknologi Radioisotop, Radiofarmaka dan Biodosimetri (PRTRRB) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Tita Puspitasari, M.Si dan Prof Husein dari Peneliti Kedokteran Nuklir Hasan Sadikin mengatakan, penemuan obat baru ini atas kerjasama PT Kimia Farma dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam pertemuan ini, sekaligus meluncurkan obat untuk mendeteksi penyakit Tuberculosis (TB) kali pertama di Indonesia. Obat ini merupakan inovasi anak bangsa sekaligus persembahan bagi sejawat dokter dan tenaga kesehatan yang berguna untuk membantu dalam mendeteksi penyakit Tuberculosis paru-paru, maupun Ekstraparu.

“Kita sangat bangga dan mengapresiasi karya anak bangsa produk kit TB-Scan ini. TB-Scan merupakan produk inovasi kit radiofarmaka pertama di Indonesia untuk deteksi TB,'' lanjut Dr Jasmine Karsono menjelaskan

Baca Juga: Menangis Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris: Saya Siap, Ikhlas dan Rida

''Peluncuran produk ini sebagai bentuk komitmen Kimia Farma untuk menyukseskan hilirisasasi penelitian yang dapat dirasakan manfaatnya,” tambah Dr. Jasmine Karsono, Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan Kimia Farma.

Halaman:

Editor: Muhammad Syafiq Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X