• Sabtu, 10 Desember 2022

KPOTI - Pemda DIY Berencana Gelar Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 23:07 WIB
KPOTI - Pemda DIY Segera Gelar Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI)
KPOTI - Pemda DIY Segera Gelar Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI)

SMOL.ID - Geliat permainan rakyat dan olahraga tradisional di Yogyakarta mulai terlihat. Bukan hanya kegiatan di masyarakat, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta juga sudah mulai memberikan perhatian khusus pada pelestarian dan pengembangan permainan rakyat dan olahraga tradisional.

Ini ditunjukkan dengan rencana Pemda DIY melalui Dinas Kabudayaan (Kundho Kabudayan) akan menggelar Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional di tahun 2023 mendatang.

”Harapan saya tahun depan ada festival permainan rakyat dan olahraga tradisional yang digelar di DIY dengan peserta dari perwakilan kabupaten dan kota,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi saat menerima audiensi Pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Daerah Istimewa Yogyakarta di Kundho Kabudayan DIY Jumat 7 Oktober 2022.

Baca Juga: Puncak HUT ke-266 Yogya, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 di Tugu Sedot Ribuan Penonton

Hadir dalam audiensi yang dipimpin oleh Ketua KPOTI DIY Joko Mursito, S.Sn. M.A ini pengurus KPOTI DIY antara lain Syukron Arif Muttaqin, SE, MAP, Syahdeni Lubis, S.Or, Laura Julia, S.Pd, Yudi Karyono, Munazar, Saridal, S.Pd, Fanki Febrianto, Herman Kurniadi dan Danang Tri Nugroho.

Dian mengungkapkan, selama ini belum ada even yang menaungi para pegiat permainan rakyat dan olahraga tradisional di DIY. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi ajang unjuk prestasi dan kreasi dari para pegiat yang ada.

”Kalau ada even-nya nanti pasti ada persiapan yang disiapkan sehingga menggugah para pegiat untuk menampilkan permainan terbaiknya,” ujar Dian.

Hanya, sebelum digelar, Dian menyarankan agar digelar kegiatan workshop. Kegiatan ini diikuti oleh calon peserta festival dan penyelenggara.

”Dalam workshop nanti diterangkan teknis dan pelaksanaanya. Sehingga para peserta bisa mempersiapkan hal yang terkait prasarat dan syarat untuk mengikuti lomba,” terangnya.

Joko Mursito mengucapkan terima kasih atas penerimaan oleh Kundho Kabudayan DIY. Sebab, sebagai organisasi tempat berkumpulnya pegiat permainan rakyat dan olahraga tradisional, KPOTI melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X