• Minggu, 29 Januari 2023

KPK Tetapkan Anggota Polisi AKBP Bambang Kayun sebagai Tersangka Suap Penanganan Kasus PT ACM

- Rabu, 23 November 2022 | 16:08 WIB
KPK Tetapkan Anggota Polisi AKBP Bambang Kayun sebagai Tersangka Suap Penanganan Kasus (Ilustrasi)
KPK Tetapkan Anggota Polisi AKBP Bambang Kayun sebagai Tersangka Suap Penanganan Kasus (Ilustrasi)

SMOLID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyidik kasus dugaan suap dan garatifikasi penanganan kasus pemalsuan surat dalam perkara perebutan ahli waris PT Aria Citra Mulia (ACM).

Sejumlah orang telah dijadikan tersangka dalam kasus tersebut, salah satunya anggota kepolisian Divisi Hukum Mabes Polri bernama AKBP Bambang Kayun Bagus.

Bambang Kayun terlibat dalam kasus tersebut saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Pontianak pada 2008 dan menjadi salah satu pejabat teras Polda Kalimantan Barat (Kalbar).

Bambang Kayun telah ditetapkan KPK sebagai tersangka menerima suap berupa kendaraan mewah dan uang senilai ratusan miliaran rupiah dari penanganan kasus tersebut.

Baca Juga: Gempa Cianjur Terasa hingga Jakarta, Karyawan KPK Berhamburan Keluar Gedung Turuni 15 Anak Tangga

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, dari hasil penyelidikan dan penyidikan yang bersangkutan diduga menerima suap berupa kendaraan mewah dan sejumlah uang.

"Diduga tersangka terima uang miliaran rupiah dan barang berupa kendaraan mewah," ungkap Ali Fikri, Rabu 23 November 2022.

Tetapi KPK belum bersedia menjelaskan secara detail kasus tersebut dan berapa nilai uang yang diterima Bambang Kayun dan juga jenis kendaraan yang disebut mewah tersebut.

Selain AKBP Bambang Kayun, KPK telah menetapkan sejumlah tersangka lain yang berstatus sebagai pihak swasta.

Pada waktunya nanti, KPK secara resmi akan menyampaikan identitas pihak-pihak yang ditetapkan sebagait ersangka dan kronologi dugaan perbuatan pidana serta pasal yang disangkakan.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X